Mobil hidrogen generasi kedua Honda siap produksi

Mobil hidrogen generasi kedua Honda siap produksi

Honda Clarity Fuel Cell

Tokyo (Otolovers) - Honda Motor Co Ltd mengenalkan untuk pertama kalinya kepada dunia Clarity Fuel Cell, mobil berbahan bakar hidrogen generasi keduanya yang bakal segera diproduksi dan dipasarkan tahun depan.

Clarity Fuel Cell yang dirilis beberapa hari lalu di Tokyo Motor Show (TMS) 2015 itu memiliki ukuran baterai 33% lebih ringkas dibanding pendahulunya, FCX Clarity yang diproduksi 2008 lalu.

All-new Clarity Fuel Cell mampu menghasilkan power maksimum--dengan bahan bakar hidrogen--lebih dari 100 kiloWatt (kW) atau setara dengan 134 horse power (hp), sementara mesin listriknya mampu mengeluarkan 130kW (174 hp).

Sedan dengan ruang kabin luas yang diklaim leluasa menampung lima orang dewasa ini dilengkapi dengan tangki hidrogen tekanan-tinggi 70MPa dan dengan kapasitas penuh mampu menjangkau hingga jarak tempuh 700km (menurut pengukuran internal Honda).

Satu kemajuan lagi, tangki hidrogen Clarity Fuel Cell bisa diisi penuh hanya dalam waktu 3 menit semudah dan setara dengan kendaraan bensin pada umumnya.

Honda juga memproduksi sebuah perangkat external power feeding berjuluk Power Exporter 9000 yang jika dikombinasikan, maka akan membuat all-new Clarity Fuel Cell berfungsi sebagai "pembangkit" mini yang mampu menghasilkan dan menyediakan listrik dalam kondisi darurat.

Honda akan memulai penjualan sewa all-new Clarity Fuel Cell di Jepang pada Maret 2016. Untuk tahun pertama setelah penjualan di Jepang, Honda akan fokus menjual kepada badan-badan pemerintah lokal atau konsumen bisnis yang telah bekerja sama untuk mempopulerkan kendaraan fuel cell.

Honda akan memulai produksi volume kecil di Production Supervisory Unit and Powertrain Production Supervisory Unit yang berlokasi di Takanezawa-machi, Shioya-gun, Tochigi, Jepang.

Kemudian Honda akan meningkatkan volume produksi dan memulai penjualan reguler dengan harga di Jepang 7,66 juta yen sudah termasuk PPn. Power Exporter 9000, yang mampu menghasilkan listrik untuk 7 hari rata-rata penggunaan dalam satu rumah, juga akan mulai dijual dalam waktu yang sama.

Sumber: Honda Co Ltd

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar