Suzuki Celerio juga tersedia dalam mesin diesel 2 silinder 800cc

Suzuki Celerio juga tersedia dalam mesin diesel 2 silinder 800cc

(El monty/wikipedia/creativecommons)

Jakarta (Otolovers) - Suzuki Motor Corporation telah mengembangkan mesin diesel 2-silinder 800cc berbobot ringan E08A untuk kendaraan kompak. Rencananya, mesin itu akan dipasang ke mobil ukuran kompak Celerio di pasar India.  

Di Indonesia, Suzuki Celerio menggunakan mesin bensin 1,2 liter.

Mesin diesel bukanlah hal baru bagi Suzuki karena model-model lainnya sudah ada yang bermesin diesel 1,3liter atau 2,0 liter. Mesin tersebut menggunakan lisensi dari pabrik lain.

Kini, untuk memenuhi kebutuhan mesin diesel bagi kendaraan kecil khususnya di India, Suzuki mengembangkan mesin sendiri yaitu E08A 2-silinder 800cc.

Bobot ringan E08A didapat dari penggunaan aluminum untuk blok silinder serta pemasangan sistem distributor solar ukuran kompak berikut turbo charger dengan ukuran cocok untuk mesin 2 silinder.

Pengurangan rasio kompresi ditambah intercooler ukuran besar menghasilkan torsi tinggi pada rpm rendah serta membuat mesin makin hemat BBM.

Selain itu, optimalisasi pada flywheel menghasilkan getaran pada mesin 2 silinder menjadi rendah.

Selanjutnya, optimalisasi engine mounting dan dan kekokohan Celerio menurunkan tingkat kebisingan dan getaran mesin. Hal itu masih ditambah dengan penambahan material penyerap bising dan lain sebagainya untuk membuat Celerio semakin nyaman.

Tingkat hemat BBM Celerio diesel diklaim Suzuki mencapai 27,62 km/liter.

Berikut spesifikasi mesin  diesel Suzuki E08A :


Engine type:2-cylinder DOHC 8-valve intercooler turbo diesel engine
Displacement:793cm3
Bore x Stroke (mm):77.0 x 85.1
Compression ratio:15.1
Maximum output (kW/rpm):35/3,500
Maximum torque (Nm/rpm):125/2,000

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Gallery Terkait

Komentar