Range Rover Sport bisa dikendalikan dengan smartphone

Range Rover Sport bisa dikendalikan dengan smartphone

Whitley (Otolovers) - Perusahaan Jaguar Land Rover belum lama ini memperkenalkan purwarupa teknologi mengendalikan Range Rover dari smartphone.

Pengemudi dapat mengendalikan kendaraan tersebut dari luar kendaraan lewat smartphone.

Aplikasi di smartphone itu antara lain untuk pengemudian, gas, rem serta perubahan dari high ke low range.

Fitur ini berguna antara lain ketika kendaraan berada di lingkungan tertentu yang memerlukan pandangan dari luar, misalnya di medan offroad yang ekstrem.

Pengendara dapat turun dan mengendalikan kendaraan dari luar dengan smartphone hingga kecepatan sekitar 6 km/jam. Manuver di medan yang sulit menjadi lebih terkirakan karena pengemudi bisa melihat langsung penjejakan keempat roda mobil.

Penggunaan smartphone sebagai remote juga bisa digunakan agar Range Rover bisa masuk ke tempat parkir yang sempit. Kurang-lebihnya, pengemudi dengan smartphonenya menjadi petugas parkir kendaraan sendiri.

Jarak remote ke Range Rover dibatasi 10 meter saja dan kendaraan akan berhenti jika kehilangan sinyal remote.

Teknologi lainnya yang sedang dikembangkan Jaguar Land Rover adalah "Multi-Point Turn".

Dengan teknologi ini, Range Rover dapat secara otomatis berbalik arah meski dalam medan sulit atau jalan buntu atau parkiran yang penuh.

Sistem itu menggunakan berbagai sensor untuk mengukur ruang yang diperlukan sekaligus menghindari benda lain termasuk pejalan kaki.

Sistem itu otomatis mengubah transmisi, gas, rem, dan memutar kemudi termasuk maju-mundur berkali-kali hingga mobil sepenuhnya berganti arah.









COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar