Audi siapkan kendaraan Bulan

Audi siapkan kendaraan Bulan

Cannes/Ingolstadt (Otolovers) - Kendaraan Audi sebentar lagi akan menjelajah bulan.

Audi bersama kelompok ilmuwan Jerman yang menamakan diri Part Time Scientists sedang bekerja sama dalam kompetisi Google Lunar XPRIZE untuk membawa satu kendaraan penjelajah ke bulan.

Audi membantu Part-Time Scientists dalam bidang pengetahuan teknis quattro all-wheel drive, konstruksi berbobot ringan, mobilitas tenaga listrik dan kemudi otomatis.

Hampir 45 tahun lalu Apollo 17 NASA menyelesaikan misi terakhir manusia di Bulan dan kini, titik lokasi yang sama akan digunakan oleh pemenang kompetisi Google Lunar XPRIZE.

"Konsep pembiayaan oleh swasta untuk misi ke Bulan adalah sesuatu yang sangat menarik," kata Luca de Meo, anggota dewan direktur Audi untuk penjualan dan pemasaran.

Kompetisi Google Lunar XPRIZE senilai 30 juta dolar AS adalah lomba bagi para insinyur sedunia untuk mengembangkan metode berbiaya rendah dalam  eksplorasi robot ruang angkasa.

Pemenang Google Lunar XPRIZE nantinya adalah tim yang bisa menempatkan robot di permukaan Bulan dan bergerak paling sedikit 500 meter serta mengirimkan video dan gambar high definition ke Bumi.

AUDI AG mendukung Part Time Scientists, satu-satunya tim asal Jerman di kompetisi Google Lunar XPRIZE.

Kendaraan Part Time Scientists sudah memenangi dua juara kategori Milestone Prizes yang merupakan bagian dari lomba tersebut.

Audi Concept Design Studio di Munich sedang meninjau ulang dan memastikan kemampuan kendaraan penjelajah yang akan diberi nama "Audi lunar quattro".

Audi lunar quattro rencananya akan diluncurkan ke Bulan tahun 2017 di dalam sebuah roket yang akan menempuh lebih dari 380.000 kilometer ke titik pendaratan.

Perjalanan selama lima hari itu akan menuju area pendaratan di utara katulistiwa Bulan, titik yang sama menjadi lokasi pendaratan Apollo 17.

Suhu di tempat tersebut turun-naik dan bisa mencapai 300 derajat Celsius.

Part Time Scientists mengembangkan kendaraan penjelajah Bulan tersebut yang sebagian besar menggunakan aluminum.

Berbagai lokasi seperti di Alps dan Tenerife di Austria sudah menjadi ajang uji coba bagi kendaraan tersebut.

Panel solar yang dapat disesuaikan berfungsi menangkap cahaya matahari. Selanjutnya energi itu akan diteruskan ke baterai lithium ion.

Baterai menjadi sumber daya bagi empat hub motor roda listrik.

Di bagian depan kendaraan terdapat dua kamera stereoskopik serta satu kamera saintifik yang bertugas menganalisa material.

Secara teori, Audi lunar quattro punya kecepatan maksimum 3,6 km/jam dan permukaan kasar bulan menjadi tantangan bagi kemampuan dan kehandalan kendaraan itu.

Google Lunar XPRIZE pada tahap awal diikuti oleh lebih dari 25 tim dan saat ini sudah memasuki babak final.

Selain Part Time Scientists, ada 15 tim lainnya yang bertahan yaitu dari Brazil, Kanada, Chile, Hungaria, Jepang, Israel, Italia, Malaysia, dan Amerika Serikat.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Gallery Terkait

Komentar