Pabrik Audi Meksiko hampir selesai, operasi 2016

Pabrik Audi Meksiko hampir selesai, operasi 2016

Salah satu robot produksi yang dibangun di pabrik baru Audi di Meksiko. (Otolovers/Audi USA)

Jakarta (Otolovers) - Pabrik dan investasi lainnya menjadi indikator visi prospektif sebuah bisnis, dan Audi sedang mengerjakan itu di AS dengan membangun pabrik baru di Meksiko yang diharapkan sudah beroperasi tahun depan.

Audi sudah menyelesaikan 2/3 pembangunan pabrik baru dan pertama di Meksiko, yang rencananya akan memulai operasi pada paruh kedua 2016.

Sekarang sudah dua tahun sejak Audi dan pemerintah Meksiko meletakkan batu pertama, pembangunan sudah mendekati selesai di mana pekerja akan memproduksi versi baru crossover Audi Q5, kata Audi dalam pernyataannya di laman resmi Audi USA.

Pabrik itu berlokasi di dekat San Jose Chiapa, tenggara Meksiko, 1800 karyawan Audi dan ratusan pekerja lain, manajer dan ofisial sedang bekerja menyelesaikan fasilitas bernilai $1,3 miliar.

Fasilitas manufakturing pertama Audi di Amerika Utara itu diharapkan akan menjadi pintu biaya-efektif untuk ekspor mobil Audi ke sebagian pasar di dunia.

Audi menegaskan bahwa semuanya berjalan sesuai rencana, dan fasilitas sedang diselesaikan menuju siap. Fasilitas pembuatan body, pengecatan, dan line perakitan hampir 90% selesai, dan Audi sedang memasang peralatan pembuatan-mobil.

Perangkat-perangkat keras siap ditempatkan dalam line perakitan, termasuk 600 robot yang akan diuji secara reguler. Di antara penyesuaian besar adalah instalasi peralatan mengadaptasi tools mesin buatan-Jerman dan perangkat lain dengan spesifikasi voltase-listrik di Meksiko.

Bangunan terbesar di area itu, A-70, sudah beroperasi. Itu merupakan pusat logistik untuk keperluan seluruh kompleks, dan Audi siap mengirimkan prototipe komponen dari pabrik San Jose Chiapa ke kantor pusat perusahaan di Jerman.

Sekitar 1800 karyawan Audi berada di lokasi itu hari-hari sekarang atau menjalani pelatihan di Jerman. Sekira 600 karyawan dari Meksiko berada di Jerman untuk beberapa bulan hingga dua tahun untuk dilatih banyak hal mulai dari ketrampilan teknis membuat mobil Audi hingga budaya perusahaan dan kehidupan Jerman.

Selanjutnya sekitar 1200 karyawan--kurang lebih 1000 di antaranya asal Meksiko dan 200 ekspatriat Jerman--, akan menjadi staf di fasilitas produksi itu.

Sedikitnya 220 pemuda Meksiko lainnya sedang dalam proses mendapatkan sertifikasi keahlian teknis dan kualitas dalam pelatihan perangkat-Jerman untuk disesuaikan dengan bangunan di fasilitas itu.

Audi juga menyiapkan area hijau di kawasan pabrik dengan menanam 100.000 pohon dalam area 100 hektar di dekat masyarakat San Jose Ozumba, yang difungsikan sebagai area resapan air hujan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Sungguh persiapan yang matang dan berwawasan lingkungan, sesuatu yang patut dicontoh untuk banyak investasi dan pembangunan pabrik di Indonesia yang kadang jauh dari konsep-konsep seperti itu.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Gallery Terkait

Komentar