Menyimak sport car BMW i8 yang futuristik

Menyimak sport car BMW i8 yang futuristik

BMW i8 (BMW)

Jakarta (Otolovers) - Meskipun bukan mobil untuk khalayak, sport car BMW i8 patut ditelisik secara detil karena desain dan teknologinya yang futuristik dan layak mendapatkan pujian.

Dikembangkan sejak 2008 melalui peluncuran Project i, BMW i8 sekarang sudah dipasarkan dengan harga untuk keluaran 2014 sekitar 135.700 dolar atau sekitar Rp1,79 miliar.

Desain eksteriornya begitu mengagumkan, dengan bagian depan ektrem pendek dan lebar, semuanya seperti diarahkan untuk mencapai aerodinamis yang sempurna. Dilihat dari samping, bentuk irisan berlebihan, garis panjang, dan garis datar menegaskan kesan dinamis.

Desain layer dengan permukaan bergaris tumbang tindih saling terjalin menghasilkan penampilan yang sepenuhnya sporty dan kuat.

Desain lampu depannya (headlight) juga kian menegaskan konsep mobil sport, yang semua elemen lampunya adalah LED dengan Daytime Running Lights dan indikator yang built-in. Cover samping lampu yang dilengkapi lampu laser hadir tidak dengan warna gelap tapi dengan finishing metalik yang brilian.

Pintu BMW i8 didesain membuka ke atas--layaknya super car pada umumnya--dengan highlight optikal berbaur dengan garis-garis halus. Terbuat dari bahan aluminium, karbon, dan thermoplastic pada konstruksinya, membuat pintu i8 50% lebih ringan dari pintu mobil konvensional.

Interior

Melongok ke bagian interior BMW i8, jelas penampilannya begitu modern, meskipun desain dashboard sebelah kanannya terkesan memiliki tiga bagian bertumpuk, namun secara keseluruhan begitu modern.

BMW sengaja memadukan karakter mobil sport klasik dengan tipikal orientasi pengemudi BMW untuk mendesain interior depan. Semua instrumen dan panel digital dengan dua layar besar diklaim sangat mudah dioperasikan.

Semua kursi didesain dalam posisi rendah dan bergaya sport, sementara iDrive Controller diletakkan di tengah konsol yang membagi seolah menjadi pembagi ruang kabin depan.

Beberapa bagian pada BMW i8 dibuat dari meterial yang ramah lingkungan, termasuk plastik ekstra-ringan dari botol minuman yang didaur ulang, dan beberapa meterial "hijau" lainnya.

Tapi jangan menganggap remeh dulu, semua matrial interior yang melapisi bagian dalam BMW i8 ternyata menggunakan kulit kualitas tinggi kombinasi dari HALO, CARPO, dan NESO, termasuk kursi-kursinya.

Untuk bagasi, BMW punya selera tinggi. Bagasi BMW i8 didesain khusus oleh Louis Vuitton dengan fiber karbon untuk menampung barang bawaan penumpang. Itu membuat bagasi i8 unik, elegan, maskulin, dan tanpa kesalahan.

Dirancang untuk mengoptimalkan ruang, dan bagian atas untuk menampung peralatan bisnis seperti laptop dan lain-lain.

Mesin dan power

Bukan hanya dalam desain, i8 juga punya pendukung performa yang futuristik--sistem hybrid plug-in dengan teknologi BMW eDrive--yang menggabungkan motor elektrik dan mesin bensin.

Ketika menggunakan tenaga listrik, mobil ini mampu menghasilkan power 96 kW (131 hp), dengan motor yang diletakkan di depan axle. Dan di belakang axle terdapat mesin bensin yang powerful BMW TwinPower Turbo 1.5-liter 3 silinder.

Mesin bensinnya mampu menghasilkan tenaga 170 kW (231 hp) untuk performa puncaknya dan torsi hingga 320 Nm.

Kombinasi dua sumber tenaga itu membuat BMW i8 mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu hanya 4,4 detik, dengan konsumsi bahan bakar hanya 2,1 liter per 100 km serta emisi CO2 yang sangat rendah, 49 g/km.

Anda bisa menikmati berbagai pengalaman mengemudi melalui mode COMFORT, ECO PRO, atau SPORT dan tombol eDrive mengoptimalkan sifat kendaraan i8 agar sesuai dengan situasi pengemudi.

Pengendaraan dengan 100% tenaga listrik memungkinkan untuk menempuh jarak hingga 37km dengan melaju layaknya mobil sport. Dua kekuatan berbeda antara motor listrik dan mesin bensin akan bersimbiosis mutualisme secara terus menerus.

Dengan mode COMFORT berarti pengemudi memilih berkendara dengan tenaga listrik murni hingga daya baterai hampir habis. Dengan tenaga murni listrik Anda bisa berkendara dalam kecepatan hingga 120 km per jam menggunakan eDrive.

Jika tombol tidak ditekan, pembakaran mesin akan diaktifkan secara otomatis pada kecepatan 60km/jam.

All four wheels bisa dijalankan secara simultan dengan dua mesin (listrik dan bensin)--sesuai situasi berkendara apakah cocok untuk hanya penggerak roda depan atau all-wheel drive.

Untuk perjalanan ke luar kota akan sangat memungkinkan menggunakan all-wheel drive dan BMW i8 mampu melaju hingga kecepatan 250km/jam.

Konektivitas dan Safety

Soal hiburan dan komunikasi, BMW sudah menyematkan solusi BMW i ConnectedDrive di i8, termasuk di dalamnya layanan navigasi, koneksi dengan smartphone juga perangkat-perangkat Android dan iOS lainnya.

Beberapa fitur pada BMW i ConnectedDrive antara lain Connectivity film, BMW i Remote App, BMW i ConnectedDrive services for navigation, dan BMW TeleService.

Selain perlengkapan standar keamanan, BMW i8 juga sudah didesain dengan karbon berkekuatan-tinggi untuk melindungi penumpang, dan juga pelindung baterai voltase tinggi, ketika terjadi benturan dari luar.

Juga ada Driving Assistant yang didukung dengan banyak kamera untuk mendeteksi obyek di sekitarnya, dan pada jarak tertentu memberikan peringatan dengan fitur pengereman yang akan mengurangi kecepatan kendaraan.

Sistem kamera Surround View dan Side View dengan deteksi obyek menawarkan kenyamanan maksimal dan memfasilitasi parkir.

BMW juga menawarkan sebagai opsional; BMW Head-Up Display yang full-color, yang akan menampilkan informasi relevan kepada pengemudi dengan visual yang muncul pada kaca mobil persis di depan pandangan pengemudi.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar