Renault-Nissan dirikan unit kendaraan komersial ringan

Renault-Nissan dirikan unit kendaraan komersial ringan

Kendaraan komersial Nissan NV200.

Paris (Otolovers) - Renault-Nissan Alliance menguatkan daya saingnya di segmen truk dan van global dengan membentuk unit bisnis kendaraan komersial ringan (light commercial vehicle/LCV) menyusul bergabungnya Mitsubishi ke aliansi brand Eropa-Jepang ini.

Unit bisnis kendaraan komersial ringan tersebut akan menggabungkan tiga kekuatan brand pada segmen ini menjadi satu, yakni divisi komersial Renault, Nissan, dan Mitsubishi.

Dalam semangat Alliance ini, ketiganya akan memanfaatkan mitra akan saling melengkapi pasar dan produk sembari tetap mempertahankan identitas merek mereka sendiri, penjualan, dan pendapatan.

"Kombinasi dari Renault, Nissan, dan kolaborasi awal dengan Mitsubishi Motors dalam Unit Bisnis LCV Alliance tunggal akan meningkatkan penjualan dan memberikan sinergi yang lebih besar," kata Chairman dan CEO Renault-Nissan Alliance, Carlos Ghosn, dalam pernyataan resmi yang publikasikan, Selasa (14/3) waktu Paris.

Untuk memimpin unit bisnis baru kendaraan komersial ringan ini, Renault-Nissan telah menunjuk Ashwani Gupta sebagai wakil presiden senior Alliance, yang akan melaporkan langsung kepada Ghosn.

Unit akan terus memaksimalkan lintas pengembangan dan lintas-manufaktur dan diharapkan untuk menciptakan sinergi lebih lanjut dalam biaya dan teknologi.

Renault dan Nissan telah terlibat dalam lintas produksi van dan truk selama beberapa tahun terakhir, dengan produk-produk seperti van Nissan NV300 yang kembangkan pada platform Renault Trafic, kemudian van Nissan NV400 yang mengadopsi Renault Guru. Sebaliknya, pick-up Renault Alaska dikembangkan pada platform Nissan Navara.

Unit bisnis LCV baru nantinya juga akan menangani body-on-frame SUV Nissan, termasuk Nissan Armada dan Nissan Patrol.

Renault Grup pada tahun lalu telah menjual 443.931 unit LCV secara global, termasuk Avtovaz. Model terlarisnya Kangoo mencatatkan penjualan 118.200 unit, Master 91.900 unit, dan Trafic 81.600 unit.

Sebagai catatan bahwa Nissan Motor Co Ltd telah menjual LCV ke pasar global 815.490 unit. Model terlaris pada 2016 adalah Navara NP300 dengan 196.257 unit, lalu Frontier 102.497 unit, dan NV200 sebanyak 54.118 unit.

Sementara anggota aliansi baru, Mitsubishi Motors Corp, secara global telah menjual 248.000 unit LCV pada 2016, dengan model terlaris Triton serta L200 dengan 125.000 unit.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar