GM resmi jual Opel kepada PSA Group 2,2 miliar euro

GM resmi jual Opel kepada PSA Group 2,2 miliar euro

Chairman PSA Group Carlos Tavares bersalaman dengan CEO dan Chairman GM Mary T. Barra menandai kesepakatan pengambilalihan Opel oleh PSA Group.

Detroit (Otolovers) - General Motors (GM) sepakat menjual anak usahanya di Eropa, Opel/Vauxhall, kepada produsen otomotif Prancis, PSA Group, seharga 2,2 miliar euro atau sekitar Rp3,1 triliun.

Kesepakatan transaksi akuisisi itu diumumkan kedua perusahaan hari ini, menandai dimulainya bergabungnya Opel ke dalam PSA Group, dengan nilai transaksi 1,3 miliar dan 0,9 miliar euro.

Dengan pengambilalihan Opel, PSA Group, yang pada 2016 lalu membukukan pendapatan 17,7 miliar euro, menjadi perusahaan otomotif terbesar kedua di Eropa dengan pangsa pasar 17 persen.

Dalam pernyataan bersama, PSA Group mengatakan transaksi itu merupakan landasan bagi PSA di Eropa dalam mendukung pertumbuhan yang menguntungkan di seluruh dunia.

"Kami bangga untuk menggabungkan Opel/Vauxhall dan sangat berkomitmen untuk terus mengembangkan perusahaan besar ini dan mempercepat perputaran," kata Carlos Tavares, ketua dewan direksi PSA.

"Kami yakin bahwa perputaran Opel/Vauxhall akan berakselerasi signifikan dengan dukungan kami, yang menghormati komitmen yang dibuat oleh GM untuk karyawan Opel/Vauxhall," lanjut Mr Tavares.

"Kami sangat senang bahwa bersama-sama, GM, rekan-rekan bernilai kami di Opel/Vauxhall dan PSA telah menciptakan peluang baru untuk meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan masing-masing dengan membangun sukses aliansi kami sebelumnya,” kata Mary T. Barra, chairman dan CEO GM.

"Untuk GM, ini merepresentasikan langkah besar lain dalam pekerjaan yang sedang berlangsung yang mendorong peningkatan kinerja dan mempercepat momentum kami. Kami membentuk kembali perusahaan kami dan konsisten, hasil rekor untuk pemilik kami melalui alokasi modal disiplin untuk investasi yang lebih tinggi-kami kembali dalam bisnis otomotif inti kami dan teknologi baru yang memungkinkan kita untuk memimpin masa depan mobilitas pribadi.”

"Kami percaya bab baru ini menempatkan Opel dan Vauxhall dalam posisi yang kuat untuk jangka panjang dan kami berharap untuk berpartisipasi dalam kesuksesan masa depan dan potensi nilai-penciptaan kuat PSA melalui kepentingan ekonomi dan melanjutkan kerjasama baru saat ini dan proyek-proyek baru yang menarik,” kata Ms. Barra.

Transaksi pengambilalihan Opel oleh PSA Group ini tinggal menunggu kesepakatan regulator, reorganisasi, dan diharapkan sudah bisa diselesaikan sebelum akhir 2017.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar