Saham Nissan di Calsonic Kansei diakuisi CK Holding

Saham Nissan di Calsonic Kansei diakuisi CK Holding

Salah satu komponen buatan Calsonic Kansei.

Tokyo & Yokohama (Otolovers) - Rencana Nissan Motor Co untuk menjual seluruh sahamnya di perusahaan pembuat komponen otomotif Calsonic Kansei Corporation segera terealisasi, setelah perusahaan investasi Kohlberg Kravis Robert & Co LP (KRR) mengajukan penawaran yang disepakati oleh Nissan.

Melalui anak perusahaannya, CK Holding Co Ltd, KRR akan membeli seluruhnya, 41%, saham Calsonic Kansei yang selama ini dimiliki oleh Nissan, melalui penawaran tender.

Nissan dan KRR telah memandatangani perjanjian tender pembelian saham Calsonic Kansei, dengan tender akan dimulai pada Februari 2017, kata Nissan Motor dalam pernyataan resminya, Selasa (22/11).

KRR akan membeli seharga 1.860 yen per saham untuk saham biasa, sebelum dikurangi dengan dividen khusus yang akan dibagikan kepada pemegag saham senilai 570 yen per lembar saham.

Dengan jumlah saham ditempatkan dan beredar sebanyak 267.882.277 lembar (tidak termasuk saham treasury) nilai total saham Calsonic Kansei sekitar 498,3 miliar yen.

"Kesepakatan ini dicapai karena kami berbagi minat dan tujuan bersama. Nissan berharap untuk lebih meningkatkan daya saing Calsonic Kansei—salah satu mitra paling penting kami—dan KRR mengakui potensi perusahaan ini,” kata Chief Competitive Officer Nissan, Yasuhiro Yamauchi.

"Calsonic Kansei adalah produsen terbaik di kelas komponen otomitif yang memasok produk-produk berkualitas tinggi dengan merek otomotif terbesar di dunia,” CEO KRR Japan, Hiro Hirano, menambahkan.

Calsonic Kansei merupakan pemasok terkemuka komponen otomotif termasuk interior kendaraan, sistem kontrol suhu, kompresor, sistem pembuangan, dan produk elektronik.

Nissan merupakan pelanggan sekaligus pemilik utama Calsonic Kansei, yang juga memasok kelompok otomotif lainnya termasuk Renault, Isuzu, Daimler, dan General Motors.

Penjualan saham Calsonic Kansei disebut-sebut merupakan bagian dari strategi Nissan untuk tidak memproduksi sendiri sebagian komponen otomotif, tetapi memilih untuk membelinya atau bermitra dengan produsen-produsen otomotif dunia seperti Robert Bosch dan lain-lain.

Baca juga: Nissan pilih belanja komponen ketimbang produksi sendiri

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar