Nissan kembangkan mesin berbahan bakar etanol

Nissan kembangkan mesin berbahan bakar etanol

Sel bahan bakar ethanol masih mengeluarkan emisi karena karbon dioksida adalah produk sampingan dari reformasi etanol menjadi hidrogen.

Amerika (Otolovers) - Nissan telah mengembangkan mesin dengan bahan-bakar ethanol, dengan tangki yang lebih aman dari tangki tekanan tinggi hidrogen, sehingga lebih murah, lebih aman dikendarai dan lebih ramah pengguna.

Teknologi baru ini, dijuluki sebuah sel bahan bakar e-bio, bertujuan untuk memecahkan tantangan kendaraan berbahan bakar hidrogen tradisional: kurangnya infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen. Sistem Nissan menggunakan bio-etanol, yang berasal dari tanaman terbarukan seperti jagung atau tebu, dan infrastruktur pengisian bahan bakar sudah sebagian besar ada.

Sel bahan bakar E-bio juga harus lebih murah daripada sistem hidrogen tradisional karena tidak memerlukan tangki penyimpanan bertekanan tinggi yang dibuat dari serat karbon yang mahal untuk penyimpanan hidrogen atau logam mulia mahal seperti platinum sebagai katalis untuk pembangkit listrik.

Nissan berencana untuk membawa teknologi ke pasar di kendaraan armada sekitar 2.020.

"Dengan menggunakan bahan bakar ini, dapat digunakan aplikasi yang lebih luas," kata Wakil Presiden Eksekutif Hideyuki Sakamoto hari ini saat mengumumkan pembangunan. "Kami tidak memerlukan infrastruktur hidrogen. Itu adalah keuntungan terbesar, dan juga keamanan yang lebih baik. "

Hidrogen digunakan untuk menghasilkan listrik. Dan seperti yang kendaraan hidrogen yang ada, listrik digunakan untuk motor listrik yang menggerakkan mobil. Kelebihan listrik juga disimpan dalam baterai.

Namun perbedaan terbesar adalah bahwa sistem Nissan menghasilkan hidrogen dalam mobil. Ini dilakukan melalui langkah tambahan yang ditangani oleh komponen yang disebut Reformer.

Reformer yang mengubah etanol dalam tangki bahan bakar menjadi hidrogen, yang kemudian dimasukkan ke dalam sel bahan bakar. Dalam mobil sel bahan bakar hidrogen tradisional, tidak ada perubahan. Tangki bahan bakar mobil membawa hidrogen bertekanan dipompa langsung dari stasiun pengisian bahan bakar.

Nissan mengatakan sistem yang memiliki beberapa keunggulan, meskipun ada langkah ekstra.

Pertama, bahan bakar etanol jauh lebih banyak tersedia daripada hidrogen, sehingga lebih mudah untuk memperkenalkan teknologi drivetrain. Hal ini juga tidak memerlukan stasiun pengisian bahan bakar khusus.

Negara-negara seperti Brazil sudah banyak menggunakan bahan bakar etanol.

Kedua, etanol lebih aman untuk digunakan daripada hidrogen karena tidak seperti terbakar.

Sistem Nissan juga beroperasi pada temperatur yang jauh lebih tinggi. Itu berarti tidak perlu logam mulia mahal seperti platinum untuk katalis. Logam murah sudah cukup untuk membuatnya. Biaya juga jauh berkurang karena tangki bahan bakar bukan kapsul bertekanan yang dibuat dari 
serat karbon berteknologi tinggi.

Sumber: autoweek.com

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar