Pengacara Korea akan gugat Nissan terkait skandal emisi

Pengacara Korea akan gugat Nissan terkait skandal emisi

Ilustrasi: Nissan

Seoul (Otolovers) - Seorang pengacara Korea Selatan mengatakan hari ini bahwa ia akan melayangkan gugatan terhadap produsen mobil Jepang Nissan Motor atas dugaan kecurangan dalam penyajian data emisi pada mobil yang dipasarkan di negara itu.

Jason Ha, seperti dilaporkan Korea Times, akan mengumpulkan para pemilik Nissan Qashqai untuk menggugat Nissan Motor. Dia memerlukan beberapa waktu persiapan sebelum melayangkan gugatan meskipun tidak menyebutkan secara spesifik kapan.

Gugatan itu akan meminta Nissan Korea mengembalikan uang pembelian mobil (refund) kepada konsumen dan memberikan kompensasi kepada mereka.

Skandal kecurangan emisi Nissan mencuat setelah kemarin Kementerian Lingkungan Korea Selatan mengumumkan telah menemukan pelanggaran ketentuan emisi pada SUV Nissan Qashqai. Pelanggaran itu ditemukan dalam serangkaian uji pada periode Desember 2015 hingga April 2016.

Atas temuan itu, Kementerian Lingkungan Korea Selatan meminta Nissan segera menarik lebih dari 800 unit Qashqai yang sudah dijual di negara itu. Pemerintah Korsel berencana mendenda Nissan senilai 330 juta won ($280.000) dan akan menghentikan sementara penjualan crossover Nissan itu hingga persoalan selesai.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar