Chevrolet, Jeep, Fiat, nantinya satu induk?

Chevrolet, Jeep, Fiat, nantinya satu induk?

Jakarta (Otolovers) - General Motors yang antara lain memiliki merek Chevrolet, sedang meminta pendapat bank-bank investor sehubungan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) mengajukan merger.

GM, merek asal Amerika, secara terbuka menolak proposal merger FCA awal tahun ini dan CEO GM Marry Barra pekan lalu mengatakan tidak tertarik atas tawaran penggabungan itu.

Namun, sumber-sumber mengatakan GM telah meminta pendapat Goldman Sachs dan Morgan Stanley.
Sementara itu bos FCA Sergio Marchionne konon melobi investor-investor GM dengan tujuan agar GM bersedia berunding.

Sumber juga menyebut FCA mendapat masukan dari UBS.

Marchionne sudah berbulan-bulan mengemukakan bahwa industri otomotif harus berkonsolidasi untuk berbagi biaya pengembangan kendaraan yang makin ramah lingkungan dan makin canggih.

Usaha merger dengan GM dipandang beberapa kalangan sebagai hal yang sulit terjadi karena FCA lebih kecil dan utangnya lebih banyak.

Namun, Marchionne berusaha melobi para investor untuk mendukung idenya bahwa GM dan FCA akan lebih baik jika merger.

FCA berada di posisi ke-7 urutan pembuat mobil dengan kapitalisasi pasar 20 miliar dolar AS dan pendapatannya tahun lalu 96 miliar euro.

GM memiliki harga pasar sekitar 57 miliar dolar AS dan pemasukan tahunan sekitar 156 miliar dolar.

GM tidak memiliki pemegang saham pengendali tunggal. Top investornya adalah Brock Capital Group yang memiliki saham 8,7 persen.

Sumber yang dekat dengan FCA mengatakan jika merger dengan GM terjadi, hal itu tidak termasuk Ferrari, merek di bawah FCA. Penyebabnya adalah keluarga Agnelli tetap ingin memegang kendali di Ferrari.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar