Dilibas duo Ducati, Rossi rebut podium tiga MotoGP Italia

Dilibas duo Ducati, Rossi rebut podium tiga MotoGP Italia

Jorge Lorenzo.

Jakarta (Otolovers) - Ducati sukses merebut dua podium dalam balap MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu, dengan Jorge Lorenzo memimpin diikuti Andrea Dovizioso, sedangkan favorit tuan rumah Valentino Rossi (Movistar) yang start dari posisi terdepan akhirnya merebut podium ketiga setelah memenangi duel dengan Andrea Iannone (Suzuki Ecstar).

Lorenzo finish tercepat dengan catatan waktu 41 menit 43,230 detik, jauh meninggalkan rekan setimnya Dovizioso yang melindas garis finish 6,370 detik terpaut, sedangkan Valentino Rossi 6,629 detik lebih lambat dari waktu Lorenzo.

Bagi Lorenzo ini merupakan pencapaian penting setelah mengalami paceklik podium sejak kemenangan terakhirnya di Valencia 2016.

Podium 'The Doctor' adalah pembuat sejarah lain dalam hari penting di Mugello ketika pembalap dari Tavullia menjadi yang pertama yang telah mengumpulkan poin lebih dari 5000 poin di kelas utama sepanjang karirnya, sementara juara dunia bertahan Marc Marquez (Tim Repsol Honda) jatuh saat ia berada di posisi kedua, sebelum kemudian bangun dan melanjutkan balapan tapi gagal meraih poin.

Lorenzo mengambil holeshot saat Marquez melesat dari baris kedua untuk melaju ke tikungan 1, bertarung untuk kedua, tetapi Rossi menahannya hingga juara bertahan lalu menyambar satu lap kemudian ke San Donato, menyelip di belakang Lorenzo diikuti oleh Rossi, Andrea Iannone ( Tim Suzuki Ecstar) dan Dovizioso.

Nomor 99 menjaga kecepatan di depan dan drama tiba-tiba kemudian terjadi di belakangnya, saat Marquez meluncur keluar ke kerikil di tikungan 10—mampu melanjutkan, tetapi poin tak diraihnya karena finish ke-16.

Itu membuat Rossi tertinggal dari Lorenzo, sementara Dovi melaju untuk mengambil posisi ketiga dari Iannone. Pembalap asal Italia itu kemudian melaju melewati rekan senegaranya saat ia melewati Rossi segera setelah itu, kemudian pergi dengan hanya rekan satu timnya di depannya. Rossi kemudian melebar pada tikungan 1, membiarkan Iannone lewat.

Sementara itu, Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing) - setelah diblok oleh Marquez di awal - ada di belakang, untuk bertarung dan mengekor Rossi. Saat Iannone mulai sedikit lembek dan the Doctor juga, ‘Petrux’ mulai bergerak dan bergerak maju, membuat segera menjadi pertarungan lima pebalap untuk podium saat Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) bergabung dalam pertempuran.

Namun, di depan, ceritanya merah. Dovizioso telah menahan jarak kurang dari satu detik, tetapi Lorenzo terus menarik gas.

Kemudian, Rossi dan Iannone muncul memimpin pertarungan untuk tempat ketiga, dengan pertempuran fantastis antara dua pahlawan kandang sebelum pengendara dari Tavullia berhasil lolos ke depan. Dia bahkan mampu mendekati Dovizioso di lap terakhir tetapi itu tidak cukup untuk bisa menyusulnya. Rossi finish ketiga dengan mencapai tonggak sejarah baru mengumpulkan lebih 5000 poin yang disambut asap kuning dari pendukungnya.

Iannone mengambil posisi keempat hanya 0,022 di depan rekan setimnya Alex Rins, dengan Crutchlow mampu mengambil P6 dan Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing) ketujuh. Maverick Vinales turun kembali dari barisan depan finish di P8, Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) kesembilan, dan Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) menyelesaikan sepuluh besar setelah akhir pekan yang lebih sulit.

Tidak hanya, Marquez, beberapa pembalap juga jatuh bahkan tidak bisa melanjutkan balapan, mereka adalah Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini), Dani Pedrosa (Tim Repsol Honda), Karel Abraham (Angel Nieto Team), dan Scott Redding (Aprilia Racing Team Gresini).

Balapan seri selanjutnya akan digelar di Catalunya, Spanyol, dengan kemungkinan pembalap tuan rumah Marc Marquez punya kans besar, juga Jorge Lorenzo setelah penampilan apiknya di Mugello.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar