Zarco singkirkan Marquez untuk rebut pole MotoGP Prancis

Zarco singkirkan Marquez untuk rebut pole MotoGP Prancis

Johann Zarco dan Valentino Rossi dalam aksi mereka di Sirkuit Le Mans, Pracnis.

Jakarta (Otolovers) - Pembalap tuan rumah Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) sukses merebut posisi start terdepan (pole position) setelah menaklukkan si perkasa dari Repsol Honda Marc Marquez dalam kualifikasi MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Sabtu.

Membuktikan penguasaannya di medan negara sendiri, Zarco mencatatkan lap tercepat 1 menit 31,185 detik, hanya terpaut 0,108 detik dengan Marquez yang besok harus start di posisi kedua (P2).

Zarco menjadi satu-satunya pembalap Yamaha yang masuk dalam lima besar sesi kualifikasi, setelah sebelumnya Maverick Vinales dan rekan setimnya di Movistar Yamaha Valentino Rossi tampil apik hingga latihan besar ketiga (FP3).

Kemudian di posisi keempat ada Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing) yang sempat naik ke teratas pada lap-lap akhir sebelum Zarco dan Marquez kembali mengambil kendali pada akhir sesi.

Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) yang sempat terjatuh pada FP3, akhirnya bertengger di posisi keempat di garis start untuk balapan besok. Ia dibuntuti Andrea Dovizioso si penunggang Ducati yang berada di posisi kelima, setelah gagal memperbaiki catatan waktunya usai sempat memimpin pada FP4.

Di belakang Dovi ada rekan setimnya, Jorge Lorenzo, dan pembalap Alma Pramac Racing Jack Miller yang menempati masing-masing posisi start keenam dan ketujuh.

Entah ada apa dengan dua Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, setelah sempat gemilang pada FP3, mereka justru melempem pada kualifikasi kedua, dan hanya mendapatkan jatah untuk start dari posisi kedelapan dan sembilan.

Setelah duo Yamaha, Dani Pedrosa dari Repsol Honda melengkapi 10 besar terdepan untuk memulai balapan besok di Le Mans, dan hasil ini membawa spekulasi yang berbeda dari yang sebelumnya ketika hasil latihan bebas dirilis.

Akankah Johann Zarco merebut podium di sirkuit negara sendiri? Nantikan balapan Minggu besok untuk membuktikannya.

Sumber: motogp,com

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar