Ini kenapa Marquez gagal start terdepan di MotoGP Amerika

Ini kenapa Marquez gagal start terdepan di MotoGP Amerika

Marc Marquez dan Vinales. (motogp.com)

Jakarta (Otolovers) - Pembalap Repsol Honda Marc Marquez memang mencatatkan waktu tercepat dalam kualifikasi MotoGP di Cirkuit of the Americas (COTA) di Austin, AS, dengan catatan waktu 2 menit 3,658 detik.

Meskipun menjadi satu-satunya pembalap yang mencapai waktu lap dua menit plus di bawah empat detik, Marquez gagal menempati posisi start terdepan setelah kecerobohannya kembali berbuntut insiden yang melibatkan Maverick Vinales dari Movistar Yamaha.

Meskipun sempat diumumkan sebagai perebut pole position, Marquez akhirnya harus start dari posisi keempat, di depan Valentino Rossi, lantaran otoritas balap FIM MotoGP menjatuhkan sanksi untuk Juara Dunia bertahan ini.

Marquez dijatuhi hukuman tiga grid ke belakang, untuk start di posisi keempat, setelah investigasi FIM MotoGP memutuskan ia bersalah dalam insiden dengan Vinales pada akhir Kualifikasi Kedua (Q2), Sabtu waktu setempat. Marquez terbukti telah mencoba menghambat laju Vinales yang tengah melaju untuk waktu lap terbaiknya di lintasan.

Pembalap Honda yang belakangan berperilaku sangat ambisius ini bahkan sempat terjatuh di tikungan 13 COTA. Dan, ini menambah daftar citra kurang baik bagi Marquez, yang pada balapan sebelumnya—di Argentina—, ia membuat manuver membahayakan beberapa pembalap lain.

Setelah kena penalti untuk mengulang start dari pitline, Marquez yang semula memimpin harus berjuang dari awal dari posisi 19, dan ketika itu lah drama di Argentina di mulai.

Merangsek dari belakang, Marquez membuat beberapa pembalap nyaris celaka akibat manuver nekadnya, termasuk bersenggolan dengan Valentino Rossi yang membuat the Doctor terjatuh dan gagal meraih poin.

Akibat ulah Marquez, Rossi yang sudah berada dalam rombongan pembalap terdepan, terjatuh dan hanya finish di posisi 19 tanpa satu pun poin. Sementara di pembuat ulah, Marquez, finish di depannya di posisi 18.

Seusai balapan, Marc Marquez bahkan langsung bergegas mendatangi pitstop tim Rossi untuk meminta maaf, namun upaya Marquez ditolak oleh Tim Movistar Yamaha yang terlanjut kesal.

Rupanya drama soal Marquez belum tamat dan dilanjutkan di MotoGP Amerika dalam kualifikasi Sabtu kemarin, lalu apakah drama masih akan berlanjut pada balapan hari Minggu ini? Mari kita nantikan!

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar