Toyota dan Mazda beraliansi perkuat posisinya di AS

Toyota dan Mazda beraliansi perkuat posisinya di AS

Presiden Toyota Motor Corporation Akio Toyoda dan CEO Mazda Masamichi Kogai berjabat tangan seusai menandatangani kesepakatan aliansi Toyota dan Mazda di Tokyo, Jepang, 4 Agustus 2017.

Tokyo (Otolovers) - Aliansi sepertinya menjadi strategi yang dianggap jitu untuk menguatkan posisi brand di pasar otomotif dunia, seperti yang disepakati Toyota dan Mazda baru-baru ini.

Toyota dan Mazda sepakat untuk mendirikan perusahaan patungan di AS, yang akan menjadi fasilitas produksi bersama untuk beberapa model baru yang bakal dikeluarkan kedua produsen di masa mendatang.

Kerjasama yang disebutnya sebagai aliansi bisnis dan modal itu bertujuan untuk memperkuat kemitraan jangka panjang Toyota dan Mazda, kata Toyota Motor Corporation  dalam pernyataan resminya.

Kesepakatan yang ditandatangani di Tokyo 4 Agustus kemarin itu merupakan bukti hasil positif dari dua tahun diskusi Toyota dan Mazda, dan merupakan tonggak sejarah dalam perjalanan untuk memperkuat dan mempercepat kemitraan berkelanjutan.

Toyota dan Mazda sepakat untuk, pertama, membentuk usaha patungan yang memproduksi kendaraan di AS, kedua adalah mengembangkan teknologi kendaraan listrik bersama-sama, kemudian berkolaborasi dalam teknologi keselamatan, serta terakhir, mengembangkan produk pelengkap.

Dalam hal aliansi modal, Toyota sepakat akan membeli saham baru yang dikeluarkan Mazda, demikian juga sebaliknya Mazda akan mendapatkan saham alokasi pihak ketiga yang dijual Toyota. Penempatan modal itu masing-masing nilainya setara.

“Ini adalah kemitraan di mana mereka yang bergairah tentang mobil akan bekerja sama untuk membuat mobil yang selalu lebih baik. Ini juga merupakan realisasi keinginan kita untuk tidak pernah membiarkan mobil menjadi komoditas,” kata Presiden Toyota Motor Akio Toyoda

Mewakili Mazda, Presiden dan CEO Masamichi Kogai mengatakan,"Tidak ada yang menyenangkan saya daripada jika, melalui aliansi ini, kami dapat membantu memberi energi pada industri otomotif dan menciptakan lebih banyak penggemar mobil dengan menyatukan dua semangat kompetitif untuk saling memacu, yang mengarah ke inovasi dan pembinaan bakat dan pemimpin."

Dengan mempertimbangkan industri masa depan, selain memanfaatkan kekuatan masing-masing untuk memperbaiki teknologi dan memperkuat fondasi bisnis, Toyota dan Mazda bertujuan untuk memperdalam kolaborasi dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan melalui kemitraan ini.

Setahun 300.000 unit

Sebagai bagian dari aliansi baru tersebut, Toyota dan Mazda telah sepakat untuk menjajaki pembangunan pabrik melalui usaha patungan di AS, dengan kontribusi dana atau modal yang sama besar.

Pabrik tersebut diperkirakan memiliki kapasitas produksi tahunan sekitar 300.000 unit. Sembari menunggu persetujuan dari otoritas pemerintah terkait, Toyota dan Mazda akan memulai mengkaji mendalam rencana tersebut agar pabrik baru itu bisa beroperasi pada 2021.

Pabrik tersebut akan memerlukan investasi total sekitar 1,6 miliar dolar AS, dan akan menciptakan hingga 4.000 lapangan pekerjaan baru.

Di pabrik baru tersebut, Mazda mengharapkan untuk menghasilkan model cross-over yang akan diperkenalkan Mazda ke pasar Amerika Utara, dan Toyota berencana untuk memproduksi Corolla untuk pasar Amerika Utara.

Dengan memproduksi kendaraan di AS, Mazda bertujuan untuk membangun struktur produksi agar lebih berkembang di Amerika Utara. Kegiatan ini akan memungkinkan perusahaan untuk lebih cepat merespon kebutuhan pelanggannya tergantung pada wilayah dan modelnya.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Gallery Terkait

Komentar