76 Trial Game Asphalt, bawa balap trail ke stadion

76 Trial Game Asphalt, bawa balap trail ke stadion

Konferensi pers "76 Trial Games Asphalt" di Jakarta, 18 April 2017. (Otolovers/HO)

Jakarta (Otolovers) - Motor trail kembali popular di Indonesia menyusul kegemaran baru sebagian kalangan pemuda dengan olahraga petualangan bermotor yang akrab disebut “Trabas”

Dalam balap, FIM Asia Supermoto akhir tahun lalu juga sukses digelar di Malang, Jawa Timur, sebelum balap trail MXGP dihelat juga di Pangkal Pinang, Bangka Belitung pada Maret lalu.

Dan, mulai 20 April ini lahir Trial Game Asphalt, ajang balap trail modern yang diselenggarakan oleh Genta Auto dan Sport, dengan aturan dan regulasi mengadopsi supermoto.

Berbeda dengan motorcross yang lazimnya digelar di lintasan tanah banyak gundukan rintangan, Trial Game Asphalt berbeda. Ini tentang balap trail di lintasan aspal, sesuai namanya.

Artinya, baik spesifikasi kendaraan, kelas-kelas yang dipertandingkan dan tata cara perlombaan menyerupai supermoto, namun memiliki tantangan yang berbeda, kata Genta Auto dan Sport dalam pernyataan persnya.

Kejuaraan yang rencananya berlangsung dalam tiga seri dan satu special series ini akan diadakan di full aspal. “Kenapa kami memilih aspal, selain untuk mengantisipasi hujan, juga sulit menemukan lintasan yang lengkap aspal sekaligus tanah,” kata Tjahyadi Gunawan, dari Genta Auto & Sport, promotor nasional yang dipercaya menggelar 76 Trial Game Asphalt.

“76 Trial Game Asphalt juga akan digelar pada malam hari. Alasannya, penonton akan merasa lebih nyaman duduk di tribun, adem dan bisa menikmati. Kami tidak sekedar menggelar event semata, sebisa mungkin harus ada unsur entertainmentnya,” imbuh Tjahyadi Gunawan.

Dengan diselenggarakannya 76 Trial Game Asphalt diharapkan bisa memfasilitasi pebalap-pebalap yang berlaga baik di motocross, grasstrack ataupun balap motor atau road race.

Beberapa pebalap ternama Tanah Air sudah menyatakan akan menjadi bagian dari 76 Trial Game Asphalt, di antaranya Ivan Harry Nugraha. Kroser asal Kota Solo peringkat 2 nasional itu bahkan sudah menyiapkan 2 tunggangan bermesin 250cc dan 450cc.

“Akan menjadi pengalaman pertama bertanding di lintasan aspal dengan motor trail, tentunya sangat antusias, jadi tak sabar untuk segera bertanding,” ucap Ivan Harry.

Tidak hanya Ivan, pebelap beken Gerry Salim yang biasa berlaga pada supersport juga bakal meramaikan gelaran ini pada Special Race I tanggal  20-21 April 2017 di Stadion Manahan, Kota Solo.

“Jadwal tahun ini lumayan padat, terlebih ada race penyisihan GP tingkat Asia serta kompetisi road race 250 Kelas Asia. Tapi untuk jadwal 76 Trial Game Asphalt sudah saya pastikan bisa turun di semua Seri 2017,” ujar Gerry.

Berikut jadwal lengkap 76 Trial Game Asphalt 2017:

Special Race, 20-21 April, Stadion Manahan (Solo)
Seri 1, 25-26 Agustus, Lapangan Kanjuruhan (Malang)
Seri 2, 20-21 Oktober, Mandala Krida (Yogyakarta)
Seri 3, 24-25 November, GOR Satria (Purwokerto).

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar