Duo Yamaha naik podium MotoGP Argentina, Marquez jatuh

Duo Yamaha naik podium MotoGP Argentina, Marquez jatuh

Maverick Vinales (motogp.com)

Termas de Rio Hondo (Otolovers) - Duo pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan the Doctor Valentino Rossi, sukses naik podium dalam balap MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu waktu setempat.

Dalam balapan yang diwarnai banyak kecelakaan dan berlangsung dramatis, jagoan muda Yamaha Vinales melesat dengan penuh percaya diri setelah saingan terdekat yang memimpin sejak start Marc Marquez (Repsol Honda) jatuh pada lap ketiga.

Vinales yang musim ini bergabung dengan Yamaha dari Suzuki, finish dengan mencatatkan waktu 41 menit 45,060 detik, terpaut 2,915 detik dengan rekan setimnya Valentino Rossi yang finish di tempat kedua.

Dengan kemenangan ini, dua kali sudah Vinales mempersembahkan podium pertama untuk Yamaha dalam debutnya bersama itu musim ini. Bagi Rossi, podium Argentina juga yang kedua musim ini setelah pada seri pertama di Qatar ia finish di tempat ketiga.

Di belakang Rossi, Cal Crutchlow menyelesaikan perjuangan berat di Argentina dengan merebut posisi ketiga setelah kalah berduel dengan Rossi ketika memasuki tujuh lap terakhir.

Argentina kali ini bukan tempat yang menguntungkan bagi Honda dan Ducati. Juara Dunia pengendara Honda Marc Marquez—yang sudah memimpin sejak awal—tanpa diduga akhirnya jatuh karena terlihat begitu ambisius meskipun sudah jauh di depan.

Mantan pebalap Yamaha yang sekarang di Ducati, Jorge Lorenzo, lebih apes lagi. Ia jatuh tidak lama setelah lampu start menyala, dan tak dapat mengendalikan motornya ketika menaklukkan tikungan.

Rekan Lorenzo, Andrea Dovizioso juga bernasib sial, meskipun sempat bersaing rombongan kedua terdepan, akhirnya harus keluar lintasan setelah ditabrak Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) yang terpeleset di tikungan.

Rekan Marquez di Honda, Dani Pedrosa, juga mengalami nasib sama. Ia terpelanting setelah memenangi persaingan perebutan tempat keempat dengan debutan musim ini Johann Zarco dari Monster Yamaha Tech3.

Dengan banyak kecelakaan menimpa beberapa pebalap nama besar, Alvaro Bautista (Pull&Bear Aspar Team) akhirnya mendapatkan keuntungan dengan finish di tempat keempat, diikuti Johann Zarco di posisi kelima.

Jonas Folger kali ini juga cukup beruntung, menyelesaikan perlombaan di posisi keenam, di depan Danilo Petrucci (Octo Pramac Racing) di tempat ketujuh setelah gagal mempertahankan posisinya di lima terdepan.

Melengkapi 10 pebalap terdepan, Scott Redding (Octo Pramac Racing) merebut posisi delapan, dibuntuti Jack Miller (EG 0,0 March VDS), dan Karel Abraham (Pull&Bear Aspar Team) yang gagal memanfaatkan keuntungannya start di posisi kedua.

Beberapa pebalap lain yang gagal menyelesaikan 24 lap di Argentina karena jatuh dan masalah teknis adalah Sam Lowes dari Aprillia Racing Team Gresini, kemudian Alex Rins (Suzuki Ecstar), demikian mengutip data hasil balapan di motogp.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar