Vinales akhirnya raih pole pertama meski kualifikasi batal

Vinales akhirnya raih pole pertama meski kualifikasi batal

Maverick Vinales

Jakarta (Otolovers) - Pebalap baru Movistar Yamaha yang beru bergabung musim 2017 ini, Maverick Vinales, memastikan posisi start terdepan (pole) pertamanya bersama Yamaha dalam balap MotoGP seri perdana di Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Entah keberuntungan atau sebuah hikmah dari situasi yang tidak diinginkan, Vinales meraih pole position setelah panitia balap MotoGP memutuskan membatalkan babak kualifikasi pada Sabtu waktu setempat, menyusul hujan dan badai yang melanda Losail.

Setelah hujan semalam, badai, dan terlalu banyak air yang menggenangi lintasan balap Sirkuit Losail, penyelenggara MotoGP Qatar telah melihat beberapa penyesuaian sebelum akhirnya Race Direction memutuskan untuk membatalkan kualifikasi.

Kondisi lintasan yang dianggap terlalu berbahaya untuk memungkinkan pengendara keluar memasuki lintasan—dan dengan sedikit kesempatan—hingga hujan dan petir kembali melanda, menurut motogp.com.

Dengan dibatalkannya sesi kualifikasi, maka penentuan posisi start untuk balapan hari Minggu ini didasarkan pada kombinasi catatan waktu masing-masing pebalap selama tiga sesi Latihan Bebas/Free Practice (FP).

Itu lah mengapa Vinales secara otomatis menempati posisi start terdepan karena pebalap Spanyol ini memang mendominasi dan mencatatkan waktu tercepat untuk Latihan Bebas secara keseluruhan.

Lalu, posisi start kedua ditempati pebalap Suzuki Ecstar Andrea Iannone dan di bekalangnya sang Juara Dunia Marc Marquez (Repsol Honda Team) bergabung di baris terdepan.

Pada baris kedua, ada Johann Zarco (Rakasa Yamaha Tech 3), Andrea Dovizioso (Ducati Team), dan Scott Redding (Octo Pramac Racing) di urutan keenam.

Dani Pedrosa (Repsol Honda Team), Jonas Folger (Rakasa Yamaha Tech 3), dan Cal Crutchlow (LCR Honda) berada di baris ketiga dengan posisi start masing-masing 7, 8, dan 9.

Sembilan kali Juara Dunia Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) memimpin baris keempat di posisi 10, diikuti Danilo Petrucci (Octo Pramac Racing).

Sementara Jorge Lorenzo berada di posisi 12 dalam debutnya bersama tim Ducati musim ini, demikian mengutip data motogp.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar