Ghosn lengser dari jabatan CEO Nissan digantikan Saikawa

Ghosn lengser dari jabatan CEO Nissan digantikan Saikawa

Hiroto Saikawa, eksekutif yang dipercaya menjabat CEO Nissan mulai 1 April 2017, menggantikan Carlos Ghosn.

Jakarta (Otolovers) - Kabar mengejutkan datang dari Renault-Nissan Alliance hari ini, dimana Dewan Direksi Nissan memutuskan untuk menunjuk Hiroto Saikawa menduduki jabatan CEO Nissan yang selama ini ditempati Carlos Ghosn.

Tapi tunggu dulu, ternyata penunjukan Saikawa itu atas rekomendari dari Carlos Ghosn sendiri karena si CEO lama ini akan lebih berkonsentrasi sebagai chairman menyusul masuknya Mitsubishi dalam Nissan Alliance.

“Atas rekomendasi Ketua Dewan dan Chief Executive Officer Carlos Ghosn, Direksi Nissan telah memutuskan bahwa pada tanggal 1 April 2017, Hiroto Saikawa akan menduduki posisi Chief Executive Officer,” kata Nissan Motor dalam pernyataannya, Kamis.

Mr Ghosn, lanjut pernyataan itu, akan terus menjabat sebagai ketua dewan direksi (chairman), dan dia akan mencari pembaharuan mandat pada rapat umum pemegang saham perseroan pada Juni 2017.

Evolusi manajemen merencanakan ini berikut kepemimpinan Mr Ghosn untuk ekspansi terbaru dari Renault-Nissan Alliance yang memasukkan Mitsubishi Motors, menjadikan Alliance berada di kelompok teratas otomotif dalam hal skala.

Sebagai chairman pada tiga perusahaan Alliance, dan CEO Grup Renault, Ghosn ingin lebih memfokuskan perhatiannya pada perluasan dan pengelolaan Alliance, sebagai chairman dan CEO-nya.

"Saya yakin bahwa tim manajemen saya telah dikembangkan di Nissan selama 18 tahun terakhir memiliki bakat dan pengalaman untuk memenuhi tujuan operasional dan strategis perusahaan. Setelah baru-baru ini mengambil tanggung-jawab baru di Mitsubishi Motors, dan dengan pertimbangan rapat umum pemegang saham Nissan mendatang, saya telah memutuskan bahwa waktu yang tepat untuk Hiroto Saikawa menggantikan saya sebagai CEO Nissan,” kata Ghosn.

"Sebagai chairman Nissan, saya akan terus mengawasi dan membimbing perusahaan, baik secara independen dan dalam Renault-Nissan-Mitsubishi Alliance,” tambahnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Mr Ghosn dan direksi Nissan untuk mempercayai saya dengan tanggung-jawab baru ini. Di bawah kepemimpinan Pak Ghosn dan dengan dukungan dari tim kepemimpinan yang sangat baik yang telah dibangun di Nissan, fokus saya untuk memberikan performa dan pengembangan berkelanjutan perusahaan kami dan melanjutkan kontribusi Nissan untuk sukses Alliance,” kata Saikawa.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar