Amankan komponen inti, Honda ajak Hitachi produksi motor listrik

Amankan komponen inti, Honda ajak Hitachi produksi motor listrik

Ilustrasi

Tokyo (Otolovers) - Untuk mengamankan pasokan komponen inti kendaraan listrik, Honda Motor Co Ltd mengajak Hitachi Automotive Systems mendirikan perusahaan patungan yang akan memproduksi motor kendaraan listrik.

Perusahaan patungan yang bermarkas di Jepang itu nantinya akan membangun fasilitas produksi berikut penjualan di Amerika Serikat dan China, selain mendukung pasokan motor listrik untuk kendaraan listrik Honda mendatang.

Penandatangan kesepakatan definitif pendirian perusahaan patungan Honda dan Hitachi itu direncanakan pada Maret mendatang, kata Honda dalam pernyataan resminya, Selasa (7/2).

Sejak memulai penjualan motor untuk kendaraan listrik pada 1999, Hitachi Automotive Systems telah meningkatkan teknologi dan kemampuannya dalam mengembangkan motor listrik yang kompak, ringan, dan berkualitas tinggi.

Perusahaan itu sudah memasarkan dalam volume tinggi motor buatannya ke produsen mobil di Jepang dan seluruh dunia dengan performa produk dan teknologinya.

Sementara Honda yang meluncurkan kendaraan hybrid pertamanya, Insight, pada 1999, telah fokus mengembangkan line-up kendaraan listriknya selain terus mengembangkan kemampuan teknologi dan produksi dengan menaruh perhatian besar pada motor listrik sebagai komponen inti kendaraan listrik.

Dengan kolaborasi bersama Hitachi, Honda ingin mengsinergikan teknologi dan skala ekonomi yang akan menguatkan keunggulan kompetitif dan pondasi bisnis untuk motor sebagai inti sistem kendaraan listrik.

Secara paralel dalam upaya-upaya perusahaan baru Honda-Hitachi ini, Hitachi akan tetap mempromosikan operasi bisnisnya termasuk menjaga hubungan dengan perusahaan-perusahaan otomotif yang selama ini menerima pasokan motor listrik darinya.

Sedangkan Honda akan terus fokus pada promosi global kendaraan listrik dengan menggunakan motor dari perusahaan baru hasil patungan dan juga motor yang diproduksinya sendiri di Jepang.

Perusahaan pembuat motor kendaraan listrik yang didirikan Honda dan Hitachi akan dibangun di Hitachinaka City, Perfektur Ibaraki, Jepang, dengan total investasi 5 miliar yen, dimana Hitachi akan andil untuk 51 persen saham dan Honda 49 persen.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar