Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?

Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?

Suzuki New Ertiga

Jakarta (Otolovers) - Kabar mengenai akan hadirnya Suzuki Ertiga bermesin diesel di Indonesia sudah lama terdengar, tapi sampai sekarang terlaksana meskipun beberapa sumber menyebut tidak laga lagi.

Merusuk pada apa yang telah dirilis Maruti Suzuki di India, New Ertiga hadir dalam empat varian, yakni bermesin diesel manual, kemudian mesin bensin manual dan automatic, serta mesin gas (CNG) transmisi manual.

Yang mengesankan, New Ertiga bakal mengonsumsi bahan bakar jauh lebih irit, mulai dari 17km per liter hingga lebih 20 km per liter bahan bakar.
Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?


Bahkan, dalam laman resmi Maruti Suzuki disebut dengan jelas bahwa New Ertiga Diesel bisa menempuh jarak 24,52km untuk satu liter bahan bakar solar.

Kenapa bisa seirit itu? Tidak lain karena New Ertiga sudah dilengkapi dengan teknologi hybrid berjuluk Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), yang memungkinkan mobil ini melaju dengan mesin diesel dan baterai listrik.

SHTS yang dikombinasikan dengan mesin Diesel DDIS 200 dan dilengkapi dengan sebuah Integrated Smart Generator (ISG) yang membuat mesin bekerja bergantian dengan baterai listrik, sehingga New Ertiga sangat irit bahan bakar.
Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?


Fitur smart hybrid pada New Ertiga setidaknya ada empat, yakni idle stop start, torque assist function, brake energy regeneration, dan gear shift indicator.

Lalu berapa tingkat konsumsi bahan bakar untuk New Ertiga bermesin bensin dan CNG. Untuk yang bermesin bensin, Suzuki menyebut konsumsi bahan bakarnya bisa menembus 17,50km per liter (transmisi manual) dan 17,03km per liter (transmisi matic), sedang yang berbahan bakar gas 17,28km per liter.

Eksterior

Pada sisi eksterior, Suzuki membuat beberapa perubahan pada New Ertiga, antara lain grille dengan chrome, demikian juga dengan fog lamp (lampu kabut) dibalut chrome di atasnya, lalu sweeping headlamp yang membuatnya makin tajam dan elegan.
Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?


Pada spionnya yang sudah elektrik juga dilengkapi lampu sen tambahan atau turn indicator, bumper depan yang lebih gaya, lalu pada handle pintu belakangnya juga sudah dilapisi chrome mengkilap (glossy).

Interior


Di dalam kabin, Suzuki menyematkan handle pintu dengan chrome silver, kemudian penyangga lengan di kursi baris kedua untuk menambah kenyamanan, juga kontrol AC blower di kabin tengah, juga kontrol audio pada roda kemudi (mungkin hanya pada varian tertentu saja).
Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?


Selain banyak kompartemen seperti tempat minum, pada kursi baris kedua ditambahkan fasilitas untuk mengisi daya baterai perangkat, salah satu fitur untuk membuat penumpangnya tetap bisa menggunakan perangkat mobile selama dalam perjalanan.
Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?


Perlengkapan layar hiburan pada New Ertiga hadir dengan konektivitas Bluetooth, yang memungkinkan pengendara atau penumpangnya dapat menggunakan perintah suara untuk mengoperasikannya.
Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?


Perangkat yang sudah mendukung Apple CarPlay dan MirrorLink itu, juga sudah dilengkapi sistem navigasi, selain monitor parkir berkat bantuan kamera parkir di bagian belakang mobil.
Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?


Untuk meningkatkan luas ruang di bagian belakang ketika otolovers membawa banyak barang, dua baris kursi (tengah dan belakang) bisa direbahkan.

Mengenai fitur keselamatan, New Ertiga sudah mengusung teknologi ABS with EBD pada sistem pengeremannya, kemudian optimalisasi kekuatan rangka, dual airbag, seatbelt yang bisa diatur ketinggiannya sesuai penumpang.
Suzuki Ertiga Diesel bisa 24km/litar?


Di India, New Ertiga hadir dalam mesin berkapasitas 1.373cc dan 1.248cc.

Kapan ya pastinya, Suzuki Ertiga Diesel hadir di Indonesia? Kita tunggu saja.

Video teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki:

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Gallery Terkait

Komentar