Enam eksekutif VW hadapi tuntutan pidana

Enam eksekutif VW hadapi tuntutan pidana

Ilustrasi

Washington (Otolovers) - Jaksa Federal AS pada Rabu (11/1) mengumumkan tuntutan pidana terhadap enam eksekutif Volkswagen atas perannya dalam skandal kecurangan emisi kendaraan diesel brand Jerman itu.

Enam eksekutif termasuk mantan kepala pengembangan dari merek Volkswagen dan kepala pengembangan mesin. Salah satu dari mereka yang menjadi tersangkat, Oliver Schmidt, ditangkap di Florida minggu lalu, sedangkan lima lainnya diyakni di Jerman, sejumlah media besar dunia melaporkan.

Volkswagen juga secara resmi mengaku bersalah atas tuduhan konspirasi untuk melakukan penipuan wire dan melanggar undang-undang kebersiah udara atau Clean Air Act.

Sedikitnya 600.000 mobil Vokswagen yang beredar di Amerika Serikat— dilengkapi dengan software kecurangan-emisi—yang diimpor dari Jerman atau Meksiko.

Produsen mobil itu diminta untuk membayar denda 4,3 miliar dolar tuntutan perdata, dan tuntutan pidana yang sedang dalam penyelidikan federal.

Total yang diminta dibayarkan Volkswagen di Amerika Serikat, termasuk penyelesaian bagi pemilik kendaraan, 20 miliar dolar—, terbesar dalam sejarah skandal korporasi.

"Volkswagen tahu masalah ini," kata Jaksa Agung Loretta E. Lynch pada konferensi pers di Washington sebagaimana dikutip New York Time.

"Ketika regulator menyatakan keprihatinan, Volkswagen mengaburkannya," katanya. "Dan mereka akhirnya berbohong."

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar