Nissan akan tunjuk Ghosn menjadi chairman Mitsubishi

Nissan akan tunjuk Ghosn menjadi chairman Mitsubishi

CEO Nissan Motor Corporation Carlos Ghosn.

Tokyo (Otolovers) - Nissan Motor Corporation akan menunjuk CEO Carlos Ghosn untuk menjadi chairman Mitsubishi Motor Corporation (MMC), perusahaan yang sekarang mayoritas sahamnya dimiliki Nissan.

Mitsubishi Motors Corporation bergabung dengan Renault-Nissan Alliance setelah Nissan menyelesaikan akusisi senilai 237 miliar yen.

Investasi itu membuat Nissan sekarang menjadi pemegang saham terbesar Mitsubishi dengan kepemilikan 34 persen. Nissan selanjutkan akan menyediakan dukungan strategis dan operasi untuk Mitsubishi.

Meskipun sudah disebut-sebut Ghosn sebagai calon terkuat untuk memimpin Mitsubishi, Nissan dalam pernyataannya hari ini (Kamis, 20 Oktober 2016) mengaku punya tiga kandidat untuk jabatan chairman di Mitsubishi.

"CEO Nissan Carlos Ghosn telah dinominasikan untuk menjadi chairman dewan direksi MMC," kata Nissan dalam pernyataannya.

"Kami berkomitmen untuk membantu Mitsubishi Motors saat Mitsubishi membangun kembali kepercayaan pelanggan," kata Ghosn.

"Ini adalah prioritas karena kami mengejar sinergi dan potensi pertumbuhan hubungan kami yang diperluas."

Tiga pemegang saham terbesar Mitsubishi Motors, yakni Mitsubishi Heavy Industries, Mitsubishi Corporation, dan The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, menyambut baik investasi Nissan dan mendukung pencalonan Ghosn.

Ghosn memperkirakan bahwa melalui kemitraan dengan Mitbusihi, Nissan menargetkan keuntungan sinergi senilai 24 miliar yen dalam tahun fiskal 2017, naik menjadi 60 juta yen pada 2018.

Keuntungan sinergi itu akan berkontribusi pada meningkatnya laba per saham sekitar 4 yen per lembar saham pada tahun fiskal 2017 dan 10 yen pada setahun berikutnya.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar