Mengenal teknologi busi NGK MR9C-9N

Mengenal teknologi busi NGK MR9C-9N

Busi NGK MR9C-9N

Jakarta (Otolovers) - Produsen busi PT NGK Busi Indonesia telah merancang khusus MR9C-9N, busi yang selama ini menjadi komponen pengapian standard pada Honda Vario dan Beat bermesin eSP (enhance smart power).

Honda Vario dan Beat yang berfitur ACG dan ISS dan varian 110cc diklaim mampu menyumbang efisiensi bahan bakar 7% dari non ISS dan mampu melaju hingga 100 km per jam.

Dari segi komponen, Honda ESP terbaru ini akan lebih awet dan ramah lingkungan, namun dibalik ketangguhan mesin Honda tersebut terdapat kontribusi komponen kecil yang di sematkan ke dalam ruang bakar, yaitu Busi NGK MR9C-9N yang dibuat oleh PT NGK Busi Indonesia, kata NGK dalam siaran persnya.

Busi MR9C-9N ini merupakan teknologi terbaru dari NGK yang dibuat khusus untuk menyesuaikan permintaan teknologi dari Honda yang mengusung tema ramah lingkungan. MR9C-9N, generasi terbaru dari tipe sebelumnya yaitu CPR9EA-9, mendapatkan beberapa improvement.

Fokus improvement dengan meningkatkan efek erosi sebesar 40% pada elektroda dan diharapkan mampu bertahan pada efek oksidasi yang diakibatkan dari proses pembakaran.

MR9C-9N dibuat dari nikel jenis baru bukan nikel standard seperti pada generasi sebelumnya, sehingga memiliki durabilitas lebih baik.

Nikel jenis baru ini mengalami sedikit perubahan dengan memperkecil diameternya dengan harapan proses transfer kelistrikan antarelektroda bisa lebih fokus dan proses pengapian lebih sempurna.

MR9C-9N memiliki elektroda ground dengan bentuk sudut semi silindris, bukan kotak seperti tipe sebelumnya. Perubahan bentuk ini berdampak pada proses pressure atau tekanan saat busi mengeluarkan percikan api di antara kedua elektrodanya, sehingga api yang dihasilkan proses penyebarannya lebih efektif.

Kesimpulannya, busi terbaru dari NGK yang telah digunakan oleh Honda tipe ESP ini dapat dijadikan alternatif pilihan sebagai pengganti dari CPR9EA-9, dengan mengusung teknologi ramah lingkungan dan dapat menaikkan efisiensi pembakaran serta meningkatkan respon akselarasi.

Selain pada Honda Vario dan Beat, busi NGK dengan tipe MR9C-9N ini juga sudah disematkan langsung dari pabrik pada sebagian motor Honda seperti CBR 150 maupun Scoopy.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar