Hamilton sulit susul Rosberg setelah balap Formula 1 Jepang

Hamilton sulit susul Rosberg setelah balap Formula 1 Jepang

Pebalap Mercedes Nico Rosberg

Suzuka (Otolovers) - Pebalap Mercedes Nico Rosberg memperlebar jarak poin di puncak klasemen menjadi 33 setelah memenangi Grand Prix Formula 1 Jepang di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu.

Rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton, pulih dari mimpi buruk di awal dan finish di tempat ketiga di belakang pebalap Red Bull Max Verstappen, demikian formula1.com melaporkan.

Bukan hanya itu, Rosberg juga menghantar Mercedes unggul tak tergoyahkan di klasemen konstruktor (pabrikan), efektif mengamankan gelar mereka untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Sebastian Vettel memimpin perjuagan Ferrari pada sore yang frustasi untuk Scuderia, dimana pebalap Jerman itu finish di tempat keempat di depan rekan satu timnya Kimi Raikkonen.

Satu lagi yang kecewa adalah jagoan Red Bull Daniel Ricciardo yang finish keenam, setelah sempat berada di antara dua mobil merah.

Posisi ketujuh dan delapan direbut dua pebalap Force India Sergio Perez dan Nico Hulkenberg, mengalahkan saingan Williams, Felipe Massa dan Valtteri Bottas, yang melengkapi 10 besar.

Dalam balapan yang seluruhnya 22 pebalap menyelesaikan lomba itu, Rosberg sejak awal sudah meyakinkan ketika Hamilton melakukan kesalahan. Hamilton yang start di posisi kedua terlambat bereakselerasi dan ia tertinggal jauh di posisi delapan.

Rosberg dengan cepat berada jauh di depan, sedangkan Verstappen merangsek ke posisi kedua ketika Ricciardo kehilangan momentum.

Pada akhir lap 52, Hamilton telah melihat celah dan punya kecepatan untuk menyusul Versteppen, namun ia harus melebar keluar jalur setelah dihalangi pebalap Red Bull itu.

Mercedes awalnya memprotes taktik pebalap Belanda itu, tetapi Hamilton sendiri mengatakan ia tidak ingin mengangkat masalah ini dan protes ditarik.

Rosberg kini mengantongi 313 poin, selisih 33 poin dengan rekan setimnya Hamilton dengan 280 di papan klasemen, yang berarti ia hanya perlu tiga kali di tempat kedua dan sekali finish ketiga untuk meraih gelar pertamanya dalam empat balapan tersisa, bahkan walaupun Hamilton memenangi semuanya, demikian mengutip formula1.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar