Audi R8 Spyder V10, mewah dan tangguh

Audi R8 Spyder V10, mewah dan tangguh

World premiere Audi R8 Spyder V10 di Paris Motor Show 2016

Paris (Otolovers) - Buat otolovers berkocek tebal yang menginginkan mobil sport mewah, nyaman, namun juga tangguh, Audi R8 Spyder V10 terbaru mungkin bisa menjadi alternatif pilihan.

Bukan saja mewah, mobil sport terbaru Audi ini juga menawarkan performa besar berkat mesin V10-nya yang mampu menyajikan tenaga maksimum hingga 540 tenaga kuda (horse power/hp).

Seperti disebut oleh Stephan Winkelmann, CEO quattro GmbH, anak perusahaan sepenuhnya dimiliki Audi, bahwa Audi R8 Spyder teranyar ini lebih cepat, ringan, dinamis dibanding pendahulunya.
Audi R8 Spyder V10, mewah dan tangguh

R8 Spyder V10 tampak belakang


New Audi R8 Spyder jauh lebih atletis dibanding pendahulunya. Lebar badannya juga sudah ditingkatkan 36 mm (1,4 in) menjadi 1,94 meter (6,4 kaki), penambahan lebar ini ditegaskan oleh garis horizontal di bagian depan dan belakang.

Singleframe dengan honeycomb grille eye-catching yang lebih luas dan diposisikan lebih rendah, serta diapit oleh lubang udara besar dengan garis vertikal.

Di atas singleframe ditempatkan lampu LED berbentuk baji, dengan sinar laser Audi tersedia sebagai opsi. Opsi ini disediakan untuk visibilitas optimal dalam gelap dan dapat diidentifikasi dengan lampu ini, kemudian strip biru anodized membagi lampu depan dan juga sinyal berbelok yang dinamis.

Konstruksi atap ringan dan lembut


Atap yang bisa dibuka tutup pada R8 Spyder ini didesain ringan dan beratnya hanya 44 kg, berkontribusi untuk pusat rendah gravitasi.
Audi R8 Spyder V10, mewah dan tangguh

R8 Spyder V10 dengan atap tertutup


Selain desain yang diharmoniskan dengan striking R8 Spyder, atap ini dilengkapi eletro-hydroulic sehingga mudah di buka dan ditutup hanya dalam waktu 20 detik pada kecepatan 50km per jam.

Kemudian jendela belakangnya tenggelam ke dalam belakang sandaran kepala serta dapat naik dan turun secara elektrik.

Frame dari serat karbon dan aluminium

Sedan sport open-top dua penumpang ini memiliki bobot kosong 1.720 kg, didukung dengan backbone kuat pengembangan baru Audi Space Frame (ASF) multimaterial, dibuat dari aluminium dan serat karbon.
Audi R8 Spyder V10, mewah dan tangguh

Frame R8 Spyder V10


Pemilihan material, metode manufaktur inovatif telah mengurangi berat komponen individual sekitar 10 persen. Sebagai hasilnya, body rigid tinggi ini beratnya hanya 208 kg. Itu adalah parameter untuk kedinamisan, solid, dan pengelaman berkendara premium.

Mesin DNA motorsport kuat

Mesin-menengah impresif dengan sistem dual injection menjadi tone pada new Audi R8 Spyder V10. Mesin 5,2-liter menyajikan respons spontan dan perputaran cepat.

Suara menderunya keluar dari sistem knalpot sport dengan tailpipe bertrim hitam mengkilap. Tenaga 397 kW (540 hp) pada 7.800 rpm dan torsi 540 Nm pada 6.500 rpm menyajikan performa jalanan yang impresif, berakselerasi dari 0 ke 100 km per jam hanya dalam waktu 3,6 detik.

Sementara kecepatan puncaknya (top speed) disajikan 318 km per jam. Ini artinya bahwa new Audi R8 Spyder ini mempunyai power 15 hp dibanding pendahulunya, kemudian berakselerasi 0,2 detik lebih cepat, dan 7 km per jam lebih baik dalam top speed.
Audi R8 Spyder V10, mewah dan tangguh

Mesin R8 Spyder V10


Berbagai teknologi efisiensi yang diterapkan Audi telah mengurangi konsumsi bahan bakar pada mobil ini sekitar 10 persen lebih hemat dari versi sebelumnya. Mode freewheeling baru dan sistem cylinder of demand (COD) akan menonaktifkan satu silinder dalam load rendah hingga sedang.

Ketika mobil berhenti, sistem start-stop Audi R8 Spyder akan menonaktifkan mesin V10-nya, terima kasih untuk teknologi ini. Mobil ini diklaim mengonsumsi bahan bakar 11,7 liter per 100 km, dengan emisi 277 gram CO2 per km.

Quattro drive

Audi R8 Spyder V10 dibekali transmisi 7-percepatan S tronic dengan aksi ringan dan cepat, dengan kendali secara elektrik--by wire. Transmisi dual-clutch langsung menggerakkan sistem quattro drive dengan sebuah hidrolik-elektro clutch multi-plate pada axle depan.
Audi R8 Spyder V10, mewah dan tangguh

Konsol tengah Audi R8 Spyder V10


Kontras dengan komponen sebelumnya, clutch all-wheel drive, dilengkapi water-cooled (pendingin air) untuk performa maksimum, mendistribusikan torsi dalam situasi berkendara bervariasi. Dalam kasus-kasus ektrem, sebanyak-banyaknya 100 persen diarahkan ke satu axle.

Dengan opsi roda kemudi kulit R8 performance dilengkapi tiga program pengemudian, dry, wet, dan snow (kering, basah, dan salju).

Cockpit dan kendali


Bagaimanapun cepatnya mobil melaju melintasi tikungan, kursi sport rendah R8 dengan mengintegrasikan sandaran kepala menjaga pengemudi dan penumpang tetap aman dalam posisinya. Tersedia juga kursi bucket R8 sebagai opsi.

Roda kemudi standar R8 berbalut kulit berfungsi sebagai pusat kendali, dengan dua tombol satelit besar menambahkan tombol-tombol multi-fungsi untuk telepon, navigasi, media, dan sistem kendali suara.

Pengemudi dapat menggunakannya untuk menyalakan dan mematikan mesin dan juga menyesuaikan pengaturan sistem pengemudian dinamis Audi drive select.
Audi R8 Spyder V10, mewah dan tangguh

Interior R8 Spyder V10


Layar 12,3 inci, cockpit virtual Audi digital menyajikan seluruh informasi menggunakan grafis 3D dalam view performance spesial. Itu membawa technometer berada di tengah dan menyupai informasi mengenai power output, torsi mesin 5.3 FSI, g-forces, lap time, juga temparatur ban dan mesin, serta oli transmisi.

R8 Spyder dilengkapi navigasi MMI komprehensif sebagai standar, plus MMI touch. Informasi yang diperlukan dapat ditemukan dengan cepat berkat pencarian text, dengan search suggestions.

Sistem kontrol suara alami memahami banyak kalimat pembicaraan setiap hari. Microphone seatbelt menyajikan kualitas audio optimal, bahkan ketika atap mobil terbuka atau diturunkan. Navigasi MMI plus meliputi WiFi hotspot yang memungkinkan penumpang tetap online dalam perjalanan dengan smartphone, tablet, atau perangkat lain.

Infotainment dan Audi connect


Onboard baru R8 Spyder adalah antarmuka smartphone Audi. Ini akan menampilkan konten dipilih dari smartphone langsung ke cockpit virtual Audi.

Sebagai contoh, aplikasi-aplikasi bertelepon, navigasi, hingga layanan streaming. Pengemudi bisa mengoperasikannya via roda kemudi multi-fungsi, sistem kendali suara, dan rotary pushbutton pada konsol tengah.

Ponsel dapat terkonek dengan antena mobil dan mengisi daya baterai secara wireless dengan teknologi Qi. Audi connect dapat terhubung ke internet via LTE dan menyediakan sejumlah nomor layanan, dari navigasi dengan Google Earth dan Google Street view untuk perjalanan dan informasi lalu lintas ke pencarian POI.

Menambahkan fasilitas hiburannya, Bang & Olufsen Sound System menjadi andalan lain R8 Spyder. Untuk pertama kalinya, Audi mengintegrasikan dua loudspeaker di sandaran kepala pada masing-masing kursi, untuk pengalaman audio sempurna bahkan ketika berkendara dengan atap terbuka.

Audi R8 Spyder sudah bisa dipesan pada Juli 2016 lalu dengan harga mulai 179.000 euro (sekitar Rp2,6 miliar) dan akan mulai dikirimkan ke pemesannya mulai musim gugur tahun ini.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar