Honda berambisi Power Exporter 9000 kompatibel untuk banyak kendaraan

Honda berambisi Power Exporter 9000 kompatibel untuk banyak kendaraan

Aplikasi Power Exporter pada mobil Honda Clarity Fuel Cell

Jakarta (Otolovers) - Honda terus mengembangkan pembangkit listrik mini alias generator, dan sekarang setelah 20 tahun sejak 1996, perusahaan Jepang ini telah mewujudkan invester generator modern, Power Exporter 9000, yang membuat mobil listrik sekaligus menjadi sumber listrik.

Dalam satu proyek pengembangan yang dipimpin Hiroyuki Eguchi, dibantu empat insinyur muda Jepang, Honda berambisi membuat generator portabel Power Exporter 9000 bisa digunakan pada banyak mobil dari berbagai brand.

Hiroyuki dan timnya juga terus mengembangkan Power Exporter 9000 bisa digunakan untuk lebih banyak perangkat elektronik dan penerangan, terutama ketika pengguna berada di lapangan atau ketika aliran listrik di rumah mati.
Honda berambisi Power Exporter 9000 kompatibel untuk banyak kendaraan

Konfigurasi Power Exporter 9000


Dengan kendaraan bertenaga listrik, seperti electric vehicles (EV), plug-in hybrid vehicles (PHV), kendaran fuel cell (FCV)--menjadi lebih umum--maka penggunaan baru untuk kendaraan-kendaraan seperti itu dimungkinkan.

"Kendaraan listrik memiliki kemampuan untuk menyimpan banyak listrik, atau menghasilkan listrik. Kendaraan menghabiskan lebih banyak waktu diparkir daripada bergerak (di jalan raya). Dengan memanfaatkan listrik dari kendaraan yang diparkir dan menggunakannya untuk peralatan listrik, kendaraan dapat berubah menjadi 'sumber daya di atas roda'."

"Kami memulai pengembangan sumber daya eksternal dengan keyakinan bahwa kita bisa membawa nilai baru untuk kendaraan," kata kepala insinyur Hiroyuki Eguchi.

Sumber daya eksternal mengambil listrik tegangan tinggi arus searah dari kendaraan listrik, dan mengkonversi ke arus listrik 100V atau 200V yang tepat untuk peralatan elektronik/listrik rumah tangga.
Honda berambisi Power Exporter 9000 kompatibel untuk banyak kendaraan

Elemen utama dalam Power Exporter 9000


Bermula dari desakan pada sumber daya darurat ketika gempa Jepang 2011, Honda mengembangkan dan menguji produknya itu pada tahun berikutnya sebagai sumber daya eksternal khusus untuk kendaraan FCX Clarity FCV.

Pada tahun ini, Honda merilis Power Exporter 9000, sebagai sumber daya eksternal, bersama peluncurkan Clarity Fuel Cell.

Power Exporter 9000 menghasilkan keluaran 9kVA (9,000VA), yang dikombinasikan dengan Clarity Fuel Cell, cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga selama seminggu (berdasarkan kebutuhan listrik rata-rata rumah tangga menurut Federasi Perusahaan Tenaga Listrik di Jepang).

Keluaran sementara sengaja dibatasi karena peraturan Jepang mengharuskan ada lisensi untuk output yang melebihi 10kVA, sehingga 9kVA sudah maksumum.

Honda juga sudah berupaya mengurangi berat perangkat generator kompaknya dari 65kg menjadi 60kg, yang memungkinkan untuk diangkat 2 orang dengan mudah karena bentuknya didesain seperti koper dan bisa disimpan di bagasi mobil.
Honda berambisi Power Exporter 9000 kompatibel untuk banyak kendaraan

Power Expoter 9000 yang kompak mudah dibawa


Converter dan inverter merupakan komponen paling penting bagi sumber daya ekternal yang mengubah arus searah menjadi listrik untuk kebutuhan rumah tangga.

Konverter mengambil listrik arus searah yang bervariasi sesuai dengan kendaraan listrik, dan mengkonversi ke tegangan arus bolak-balik. Inverter mengambil listrik dari konverter, dan mengubahnya menjadi 100V atau 200V arus bolak-balik.

Mengurangi ukuran dan berat dari converter dan inverter adalah kunci untuk mewujudkan sumber daya kompak. "Kami mengurangi ukuran konverter dengan membagi dalam dua susun papan sirkuit. Kami tidak harus mengisi ruang antara papan dengan cetakan resin, sehingga kami juga bisa mengurangi beratnya," kata Miho Funaki, insinyur kelistrikan di Honda.
Honda berambisi Power Exporter 9000 kompatibel untuk banyak kendaraan

Menempatkan Power Exporter di bagasi mobil Clarity Fuel Cell.


"Converter kecil memungkinkan kita untuk menumpuk itu, mengurangi panjang unit. Bahan aluminium yang lebih tipis juga berarti mengurangi berat badan. "(Komatsu)
Converter ringan memberikan kontribusi signifikan dalam mengurangi berat keseluruhan.

Tim pengembangan di Honda berhasil mengurangi kebisingan dari perangkat sumber listrik mini buatannya itu. Mereka tidak mungkin menghindari penggunaan kipas sebagai pendingin.

Mereka menempatkan dua fans di akhir inverter untuk menarik udara, dan dua fans di akhir converter untuk mendorong udara keluar. Dengan mengatur posisi fan, mereka menemukan cara yang tepat untuk secara efisien memindahkan udara melalui unit.
Honda berambisi Power Exporter 9000 kompatibel untuk banyak kendaraan

Penggunaan Power Exporter 9000 dalam pelayanan darurat medis


"Dengan hanya menggunakan empat fans, kami menyadari tingkat kekuatan suara menjadi rendah LWA57dB," jelas Funaki.

Power Exporter 9000 dirancang untuk menghubungkan ke lebih banyak jenis kendaraan dengan output daya, dan jenis tenaga yang bisa digunakan untuk lebih banyak peralatan listrik.

Perangkat itu dapat dihubungkan tidak hanya dengan sedan Clarity Fuel Cell, tapi juga kendaraan lain selain buatan Honda yang mendukung output daya.

Berbagai tes pembuktian-konsep sedang dilakukan menggunakan Power Exporter 9000, membawa nilai baru dalam penggunaan kendaraan listrik. Kekuatan Honda terletak pada kemampuan untuk menggabungkan keahlian mobil dan produk listrik bersih atau ramah lingkungan.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar