Tips merawat baterai atau accu mobil

Tips merawat baterai atau accu mobil

Baterai atau accu mobil

Jakarta (Otolovers) - Baterai atau accu merupakan salah satu komponen penting untuk menghidupkan mesin mobil, lampu, dan sistem lain dalam kendaraan otolovers.

Oleh karena itu, penting untuk membuat baterai selalu dalam kondisi baik guna memastikan kendaraan otolovers bisa beroperasi normal dan tidak mengalami masalah saat dalam perjalanan.

Panas dapat menyebabkan cairan baterai/accu menguap, sehingga bisa merusak struktur internalnya. Itu lah mengapa Anda dianjurkan untuk selalu memeriksa baterai kendaraan ketika musim berubah dari bercuaca panas ke dingin.

Alasan lain mengapa baterai cepat mati atau "tekor" adalah overcharging. Itu berarti komponen tidak berfungsi dalam sistem pengisian, biasanya regulator tegangan, yang memungkinkan baterai secara perlahan rusak atau mati.

Selain itu, suhu dingan dapat meningkatkan kekentalan oli mesin, membuat mesin sulit berputar dan menyebabkan baterai harus bekerja lebih keras. Faktor ini yang menyebabkan proses starter mesin sulit di awal.

Untuk mendapatkan performa dan umur baterai lebih optimal, berikut tips yang perlu otolovers lakukan sebagaimana disarankan Car Care, sebuah organisasi nirlaba untuk keselamatan berkendara:

* Pastikan sistem listrik pengisian pada tingkat yang benar. Pengisian daya yang berlebihan dapat menyebabkan baterai cepat rusak undercharging.

* Jika baterai Anda adalah tipe yang harus selalu terisi penuh air accu, periksalah secara teratur. Tambahkan air accu ketika diperlukan.

* Disarankan untuk menggunakan baterai berdaya setingkat lebih tinggi dari baterai original kendaraan--ketika mengganti baterai.

* Periksalah segera baterai ketika lampu indikator baterai atau "check engine" menyala, atau ketika aksesoris gagal untuk beroperasi.

* Bersihkan secara rutin bagian atas baterai, terutama pada bagian konektor. Jika bagian itu kotor bisa menjadi penghambat konduktor yang menguras daya baterai. Korosi yang terakumulasi di terminal baterai, bisa menjadi isolator yang menghambat aliran arus listrik.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar