Tips hilangkan goresan tipis pada body mobil

Tips hilangkan goresan tipis pada body mobil

Goresan pada cat mobil (TAM)

Jakarta (Otolovers) - Berkendara di berbagai rute dalam lalu lintas super semrawut saat mudik Lebaran sangat berpotensi meninggalkan goresan-goresan pada body mobil otolovers.

Tidak sedikit dari mobil pemudik bahkan mengalami penyok sana-sini karena bersenggolan. Yang paling mungkin dan paling sering dikeluhkan adalah adanya goresan-goresan halus (tipis) karena menyerempet obyek di sekitar jalan atau terserempet motor pengendara lainnya.

Kondisi mobil yang kotor sepelas perjalanan jauh mudik juga seringkali mengundang tangan usil untuk menuliskan sesuatu dengan jari di permukaan mobil otolovers. Dan, itu juga berpeluang besar menimbulkan goresan halus karena partikel kotoran yang tertekan ketika tangan si jahil beraksi.

Berikut sedikit tips mengenai menghilangkan goresan halus yang biasa menjadi oleh-oleh khusus pada kendaraan otolovers setelah perjalanan jauh, seperti mudik Lebaran, mengutip Toyota Astra Motor.

1. Langkah pertama, cuci lah mobil otolovers dengan bersih. Jangan lupa semprotkan air terlebih dahulu untuk membahasi permukaan mobil yang kotor, sekaligus melunakkan kotoran yang menempel.

Jangan sekali-kali menyeka dengan lap permukaan yang kotor sebelum otolovers membasahi bagian itu dengan cukup air, karena itu justru bisa menimbulkan goresan ketika kotoran yang menempel adalah pertikel kecil tapi keras.

Siramkan air dan seka body mobil dari atas ke bawah untuk menghindari swirl mark atau bekas melingkar pada badan mobil.

2. Jika sudah dicuci dengan bersih, tentunya dengan sabun pencuci mobil, lalu temukan bagian cat yang tergores, dan siapkan obat poles beserta lap atau alat polesnya.

Selain menggunakan alat poles, otolovers juga bisa menggunakan lap manual dengan tangan. Jangan gunakan lap kasar yang justru bisa menimbulkan goresan baru.

3. Oleskan obat poles di pad atau lap yang tersedia, bukan di body mobilnya. Lalu, gosok dengan lembut dan searah, dari kanan ke kiri atau atas ke bawah hingga goresan menipis dan tidak kelihatan sama sekali.

4. Langkah terakhir untuk mempertajam warna cat mobil setelah dipoles, otolovers bisa melapisinya dengan wax. Pilihlah wax berkualitas bagus dan ramah lingkungan agar cat mobil terlihat mengkilap kembali seperti baru.

Caranya, oleskan pasta wax ke kain halus dan oleskan dengan halus ke permukaan body mobil yang sudah dipoles, secukupnya saja tapi merata.

Dengan begitu, body mobil otolovers akan kembali mulus seperti semula.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar