Tips belanja spare part

Tips belanja spare part

Ilustrasi: Bengkel Mitsubishi

Jakarta (Otolovers) - Anda perlu mengganti beberapa spare part kendaraan keyasangan yang sudah aus? Jika iya carilah informasi sejelas mungkin mengenai part yang otolovers butuhkan agar tidak salah beli.

Berikut beberapa tips belanja spare part mobil dari Otolovers.com sekadar untuk berbagi pengalaman:

1. Sebelum berbelanja pastikan dulu otolovers telah mengenali part number dari suku cadang yang akan diganti. Catatlah part number sebagai bekal petunjuk sebelum membeli part, dan belilah part yang mempunyai part number sama.

2. Jangan mudah percaya dengan kalimat promosi penjual bahwa suku cadang yang mereka jual kompatibel dengan mobil otolovers, sebelum Anda memastikan benar bentuk fisiknya, terutama untuk suku cadang non fast moving, yang spesifikasinya harus cocok benar dengan kendaraan Anda.

3. Untuk part-part yang vital atau bukan fast moving, otolovers sebaiknya datang langsung ke bengkel resmi atau penjual part yang bisa langsung memasangnya. Dengan begitu, apabila part tidak cocok bisa langsung diketahui di lokasi pembelian dan dengan mudah pembelian bisa dibatalkan bila part tidak kompatibel.

Langkah ini penting, karena beberapa distributor atau bengkel resmi kadang belum memperbarui atau mempunyai katalog untuk mobil-mobil keluaran terbaru. Kondisi itu berpotensi membuat Anda akan mendapatkan part yang tidak cocok dengan yang dibutuhkan.

Beberapa pabrikan membuat part dengan bentuk dan spesifikasi berbeda untuk setiap mobil dengan tahun atau model pembuatan berbeda.

4. Hindari pembelian secara online sebelum otolovers tahu benar atau berpengalaman menggunakan part yang ditawarkan penjual. Lebih baik datang langsung dan cocokkan secara manual fisik part sebelum memutuskan untuk membeli jika uang tidak ingin melayang percuma.

5. Sebelum mendapatkan part yang diinginkan, otolovers jangan buru-buru membongkar part yang akan diganti, terlebih jika itu part vital yang membuat mobil tidak mungkin dioperasikan tanpa part dimaksud. Tidak sedikit orang yang sudah membongkar part lama tapi ketika membeli part pengganti harus indent beberapa hari bahkan beberapa bulan.

6. Jika itu part penting dan harganya tidaklah murah, sebaiknya otolovers berkonsultasi dulu atau menyerahkan urusan itu kepada ahlinya, misal teknisi bengkel atau ke bengkel resmi.

7. Jangan cepat percaya dengan tawaran spare part berharga jauh lebih murah sebelum Anda memastikan kualitas dan kecocokannya bagi kendaraan otolovers.

Semoga tips ini membantu!

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar