Pabrik mobil China SGMW di Cikarang beroperasi 2017

Pabrik mobil China SGMW di Cikarang beroperasi 2017

Miniatur mobil MPV Wuling buatan SGMW.

Jakarta (Otolovers) - Dengan investasi sekitar 700 juta dolar AS, SGMW Motor Indonesia sedang membangun pabrik pertamanya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yang dijadwalkan sudah mulai beroperasi pada 2017.

Produksi pertama yang dihasilkan SGMW dari pabrik berkapasitas maksimal 150.000 unit itu adalah mobil MPV yang akan diluncurkan pada 2017.

Dengan total luas area 60 hektar, pabrik SGMW yang berlokasi di Greenland International Industrial Center, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kota Deltamas, Kabupaten Bekasi itu akan mempunyai dua fasilitas utama.

Area pabrik akan dibagi untuk dua fasilitas utama, yakni 30 hektar untuk pabrik (fasilitas produksi) dan 30 hektar lainnya untuk supplier park, dimana sekitar 15 pemasok komponen terkenal akan berproduksi di tempat itu.

Proyek pabrik SGMW, menurut Presiden SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun, diharapkan dapat menciptakan sebanyak 3.000 lapangan pekerjaan baru.

Di masa mendatang, SGMW akan bekerja sama dengan banyak produsen komponen lokal untuk memenuhi tingkat kandungan lokal hingga 50%, sebagaimana disyaratkan oleh pemerintah dan aturan di Indonesia.

SGMW bahkan akan menjadikan pabrik Cikarang sebagai basis ekspor utama kendaraan Wuling di Asia Tenggara. Selain memproduksi MPV, dalam tahun-tahun mendatang pabrik juga akan mengembangkan model-model lain mengikuti perkembangan kebutuhan pasar.

SGMW Motor Indonesia merupakan perusahaan patungan yang dibentuk oleh SAIC, General Motors, dan Wuling, dengan porsi kepemilikan masing-masing 50,1%, 44%, dan 5,9%.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar