KTM 690 Duke, pertahankan gaya lama dengan sentuhan modern

KTM 690 Duke, pertahankan gaya lama dengan sentuhan modern

KTM 690 Duke 2016

Jakarta (Otolovers) - KTM dipastikan bakal menyuguhkan motor terbarunya di ajang pameran sepeda motor Milan EICMA 2015, salah satunya KTM 690 Duke 2016, sebuah street fighter bergaya lama tapi diberi sentuhan modern.

Konsep pendek dan gaya klasik tetap dipertahankan KTM untuk 690 Duke 2016, meskipun dibekali tidak sedikit perbaikan, termasuk elektronik canggih seputar mode pengendaraan.

Perbaikan pada 690 Duke terbaru ini antara lain meliputi desain dan bahan frame-nya. Berbobot 9kg, frame 690 Duke dibuat dari baja chrome-molybdenum, memberikan bobot total motor 148,5kg yang diklaim menciptakan kestabilan sempurna dalam berkendara.

Duke terbaru ini menjinjing mesin 1 silinder 4 stroke 690cc, transmisi 6-percepatan, dengan power maksimum 54kW dan torsi maksimumnya 74 Nm. Sistem manajemen mesin elektroniknya memungkinkan "ride-by-wire", dengan kata lain; elektronik mengontol gerakan katup throttle tanpa ada campur tangan mekanis.

Pengapian ganda dengan pemetaan individu untuk masing-masing spark plug memastikan bahwa bahan bakar otolovers yang sangat berharga dibakar dengan sempurna untuk tenaga mesin.

KTM menyematkan cylinder head baru pada 690 Duke, membuat waktu pengapian dapat dikontrol jauh lebih akurat.

Pada roda depannya, KTM memasang sistem pengereman Brembo dengan outstanding controllability, dengan empat-piston, fixed brake caliper dengan disc 320 mm. Meskipun diameter mukanya tipis, kerja pengereman diklaim mumpuni berkat two-channel ABS.

Suspensi depan Duke memiliki tabung berdiameter 43 mm dan poros lengan diartikulasikan monoshock bertekanan gas.

Pada stang sebelah kirinya, otolovers akan menemukan tombol untuk mengaktifkan tiga moda pengendaraan berbeda, sport, street, dan rain, tidak hanya untuk mengatur power tapi sebagai sistem kontrol traksi untuk ban belakang.

Bagi pengendara expert akan menyukai penambahan ini, yakni moda untuk keamanan dalam lintasan, yang diaktifkan dengan menekan tombol. Ketika ini bekerja sistem hanya akan mengontrol rem depan, sementara tekanan rem belakang terserah kaki kanan pengendara.

Di depan pangkal stang, otolovers akan menemukan layar TFT berwarna yang akan menyajikan data mengenai kecepatan dan posisi gigi, juga temperatur coolant, status bahan bakar, juga waktu dan tanggal.

Bagaimanapun, dari postusnya, KTM 690 Duke bisa menjadi pilihan bagi otolovers street fighter.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar