Honda Project 2&4, masih misterius apa goal-nya

Honda Project 2&4, masih misterius apa goal-nya

Honda Project 2&4 yang dikenalkan Honda di Frankfurt Motor Show, 15 September 2015 waktu setempat.

Jakarta (Otolovers)  - Selain line-up terbaru CR-V, HR-V, dan  Civic, Honda beberapa hari lalu di Frankfurt Motor Show merilis Honda Project 2&4, kendaraan dengan desain seperti mobil balap F1 namun mesinnya mengadopsi tunggangan di MotoGP.

Dari nilai seni dan kreativitas, Project 2&4 patut diacungi jempol, tapi yang masih misterius adalah apa sebenarnya goal Honda dari semua itu, apakah untuk kendaraan lincah di jalan raya atau untuk segmen baru lainnya.

Ini sedikit membingungkan otolovers. Kenapa?  Dari bentuknya, itu jelas dikonsep untuk kendaraan berkecepatan tinggi, terlebih bekal mesin yang diselipkan juga lumayan, 999cc.

Akan tetapi, pada sisi lain, kursi kemudi berada tidak laiknya kendaraan balap F1 yang berada di tengah badan mobil dan dilengkapi perlindungan (rangka keamanan) di sekelilingnya.

Honda justru meletakkan kursi kemudi Project 2&4 di samping--seperti kendaraan tanpa atap pada umumnya. Kursi pada Project 2&4 seperti mengambang di atas aspal, makanya Honda menyebutnya "floating  seat".

Daripada menerka-nerka, mungkin sebaiknya otolovers simak saja penjelasan Honda berikut, kita lupakan saja dan tunggu apa maunya pabrikan Jepang itu kedepannya.

Honda mengatakan, Project 2&4 menghadirkan bersama kemampuan unik dalam mobilitas dua-dan-empat-roda. Project 2&4 berbekal mesin motor kompetisi RC213V, yang dimodifikasi untuk melaju di jalan raya.

"...Honda Project 2&4 menyajikan kebebasan sebuah sepeda motor dan kemampuan manuver sebuah mobil," kata Honda dalam product detil di laman resminya.

Ini mesin pengecualian, 999cc V-4 four-stroke unit, yang original dibangun dari seri motor balap MotoGP kelas dunia yang telah diubah khusus untuk di jalan raya.

Dengan area merah 14.000 rpm, kendaraan ini mengusung transmisi 6-percepatan DCT serta menghasilkan tenaga maksimum 215 PS pada 13.000 rpm, dan torsi maksimum 118 Nm pada 10.500 rpm.

Membawa warisan balap Honda, body dan posisi mesin Project 2&4 dibuat terinspirasi dari sang legenda Honda RA272 tahun 1965. Strukturnya menggunakan frame inti dan komponen fungsional mobil, tapi di-custome untuk sebuah sepeda motor, sama kompaknya.

Honda Project 2&4 memiliki panjang 3.040 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 995 mm, dengan berat 405 kg. Desain tempat duduk mengambang menempatkan pengemudi begitu dekat dengan aksi , bebas seperti sebuah sepeda motor, dan performa ekstrem serta desain unik.

Hanya itu yang diungkapkan Honda, tanpa menyebut hal lain termasuk kapan itu akan diproduksi massal atau hanya sebagai riset dengan hasil akhir yang belum diketahui.


COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar