Kenapa IIMS dan GIIAS digelar bareng?

Kenapa IIMS dan GIIAS digelar bareng?

Jakarta (Otolovers) - Dua pameran mobil digelar bareng 20-30 Agustus. Tempatnya berjauhan hingga beda provinsi, satu di Kemayoran Jakarta Pusat dan satu lagi di Serpong, Banten.

Di Kemayoran ada Indonesia International Motor Show (IIMS) sedangkan di Serpong ada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Pameran mobil lebih dari satu tentunya tidak masalah, tapi jika  digelar pada waktu yang sama, mengapa? jawabannya mungkin agak ribet, jadi begini;

Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) sejak tahun 1986 menggelar pameran tahunan dengan nama Gaikindo Motor Show, lalu Jakarta Motor Show, kemudian Indonesia Motor Show. Mulai 2006, nama pamerannya jadi IIMS. Nah, sejak 2009, Gaikindo menunjuk penyelenggara event yaitu Dyandra Promosindo untuk menyelenggarakan IIMS dan kegiatannya berlangsung di Kemayoran dan konon kontraknya lima tahun.

"IIMS" ternyata sudah dipatenkan oleh Dyandra dan Gaikindo mengaku "alfa" sehingga nama kegiatan itu bukan milik mereka, hal itu dikatakan Ketua Gaikindo Johnny Darmawan.

Di pihak lain, beberapa karyawan Dyandra membentuk perusahaan event organizer bernama Amara 7, dan Gaikindo menggandeng perusahaan baru itu untuk menyelenggarakan GIIAS. Dyandra tetap lanjut dengan program IIMS.

Johnny, yang menjadi Ketua Penyelenggara GIIAS, pernah ditanya alasan menggandeng event organizer baru untuk pameran Gaikindo, dan dia menjawab "mencari yang lebih profesional". Soal tempat penyelenggaraan GIIAS di Serpong, Johnny mengemukakan karena tempat tersebut lebih luas, yaitu 220 ribu meter persegi sedang di Kemayoran hanya 100 ribu meter persegi.

Menurut Johnny, hanya GIIAS yang  mendapat akreditasi dari Asosiasi Industri Kendaraan Bermotor Internasional (OICA).

Sementara itu Dyandra Promosindo lewat direktur utamanya, Hendra Noor Saleh, mengklaim IIMS tahun ini tidak cuma  pameran dan ajang transaksi. IIMS 2015 memadukan unsur bisnis, industri, hiburan, sosial, dan edukasi. "Merangkum segenap elemen yang ada di dunia otomotif," kata Hendra.

Soal merek yang ikut, para agen pemilik merek hampir semuanya membuka booth hanya di GIIAS. Bukan berarti merek mereka tidak ada di IIMS. Rata-rata merek mobil juga hadir di IIMS dengan booth yang digarap dealer.

Ada juga yang tampil di dua tempat yaitu Ford. Sementara itu Garansindo, agen Jeep, Chysler, Fiat, memilih eksis hanya di IIMS.

IIMS tetap di tempat biasanya yaitu di JIExpo Kemayoran, yang juga menjadi lokasi acara tahunan Jakarta Fair.  GIIAS berlangsung di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. ICE baru-baru ini  diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Komposisi kepemilikan lahan ICE konon kelompok Kompas Gramedia sebesar 51% dan Sinarmas Land 49%. Kedua perusahaan ini mendirikan perusahaan patungan bernama PT Indonesia International Expo (IIE).

Sementara itu, Dyandra Media International TbK diberitakan media sebagai salah satu pemilik saham di ICE. Menurut  media Kontan, Dyandra Media International Tbk juga adalah anak perusahaan Kompas Gramedia Group.

Lalu, soal tanggal kegiatan yang sama?

Pihak Dyandra kepada pers pernah mengemukakan sejak tahun lalu mereka sudah booking dan bayar uang muka kepada JIExpo (pemilik lahan pameran di Kemayoran)  untuk IIMS 20-30 Agustus 2015. Mereka juga menyebut ada dokumen bahwa Gaikindo baru pada  13 Januari 2015 menyatakan GIIAS berlangsung  20-30 Agustus 2015.

Soal tanggal penyelenggaraan yang sama antara IIMS dan GIIAS juga mengundang komentar agen pemegang merek. Misalnya dari Tata Motors, perusahaan otomotif terbesar di India yang hadir di Indonesia lewat PT. Tata Motors Distribusi Indonesia. "Kalau saja tidak bersamaan, tentu kami ikut keduanya. Penyelenggaraan yang bersamaan membuat kami harus memilih karena akan sangat repot untuk mengerahkan sumber daya manusia Tata Motors di dua tempat sekaligus," kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur PT TMDI.

Selain tanggal penyelenggaraan yang sama, tiket masuk IIMS dan GIIAS juga sama yaitu Rp40 ribu/orang pada hari kerja dan akhir pekan Rp60ribu/orang.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar