Tips berdirikan sepeda motor yang jatuh

Tips berdirikan sepeda motor yang jatuh

Jakarta (Otolovers) - Peristiwa yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, misalnya kita terjatuh saat berkendara sepeda motor. Motor juga bisa jatuh ketika diam gara-gara side stand alias standar samping tak terpasang dengan benar atau menjejak permukaan yang tak stabil.

Jika hal yang tak diinginkan itu terjadi, langkah selanjutnya tentu membuat motor berdiri. Yang pertama dan terpenting, pastikan dulu tubuh kita baik-baik saja dan tidak mengalami cedera.

Jika sudah dipastikan tubuh dalam keadaan OK, langkah selanjutnya adalah memberdirikan sepeda motor. Berikut langkah-langkah yang benar dan tidak membahayakan, seperti dikutip dari The Total Motorcycling Manual :

1.Matikan mesin dan pastikan gigi motor TIDAK di posisi netral. Jika posisi motor jatuh ke kiri, arahkan stang miring ke kiri, demikian juga sebaliknya. Jika motor jatuh ke sisi kanan, putar stang ke arah kanan dan pasang standar samping di sisi kiri.

2.Posisikan tubuh membelakangi jok motor. Jongkoklah agar bokong menempel di jok depan.

3.Raih pegangan stang yang posisinya paling jatuh. Misalnya motor jatuh ke sisi kiri, berarti genggam pegangan stang bagian kiri dengan tangan kanan.

4.Tangan yang satu lagi gunakan untuk memegang bagian lain yang kokoh, misalnya pegangan di jok.

5.Rapatkan kaki dan angkat motor dengan kepala menengadah (gunanya memperkuat punggung agar mencegah cedera). Selanjutnya perlahan dorong dengan tenaga dari kaki dan bokong. Jika sudah dalam posisi hampir tegak, ubahlah posisi badan hadap ke depan, ini sekaligus mencegah motor jatuh ke sisi lainnya. Lebih aman jika anda minta tolong orang lain untuk membantu.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar