Merek-merek lokal yang populer hingga ke negara lain

Merek-merek lokal yang populer hingga ke negara lain

Jakarta (Otolovers) - Di Indonesia, Toyota Avanza dan Xenia berjuluk "mobil berjuta umat".Tapi, model itu tidak dikenal di Eropa, Amerika, atau beberapa negara lainnya.

Demikian juga kita, pernah dengar sedan Hawtai Lusheng E70? belum pernah? kendaraan itu paling laris di Korea...Utara.

Hawtai, merek China, punya joint-venture dengan Hyundai pada 2002-2010 dan hingga kini tetap menggunakan teknologi Hyundai.

Tahun lalu mereka mengirim 200 Lusheng E70 untuk taksi ke Pyongyang, ibu kota Korea Utara. Karena negara itu menerapkan kebijakan sangat ketat soal mobil baru, kemungkinan Lusheng E70 yang dikirim itu jadi mobil paling populer.

Haval H6 SUV paling laris di China
SUV Haval H6 adalah buatan merek lokal, Great Wall.Tahun ini target penjualan di China 400 ribu unit dan rencananya akan dijual juga di Australia, Rusia, dan Chile. Ada yang tahu Haval H6 mirip SUV apa?

Lada Granta sedan terlaris di Rusia
Merek lokal Rusia, Lada, kini menjadi bagian dari Renault-Nissan. Model andalan mereka, Granta, diluncurkan sejak 2010 dan empat bulan pertama tahun ini laku 41.071 unit di Rusia.

Geely Emgrand EC7 sedan paling laku di China
Emgrand EC7 dibuat oleh Geely, merek China yang mengambil alih Volvo tahun 2010. Tahun 2013, Emgrand EC7 laku 200 ribu unit  dan mulai diekspor ke Ukraina serta Mesir.

Iran Khodro Samand sedan lokal terlaris di Iran
Iran Khodro, merek lokal negara Iran, sudah lama bekerja sama dengan merek Prancis Peugeot dan Renault. Samand dianggap sebagai mobil nasional pertama Iran dan jadi sedang paling laris sejak 10 tahun lalu. Mobil itu sudah laku 100 ribu unit lebih di Iran.

Matchedje F16 kebanggaan Mozambik
pick up asembling Mozambik ini mungkin paling laku di negara Afrika itu. Matchedje Motors didirikan dengan investasi China. Nama tersebut diambil dari nama suatu kampung tempat berlangsungnya  Congress of the Mozambique Liberation Front.

Mobius II andalan Kenya
Kendaraan nasional pertama Kenya ini berjenis SUV untuk medan off-road yang cocok dengan kondisi sub-Sahara Kenya.

Dongfeng Rich berjaya di Venezuela
Pick up merek China ini jadi kendaraan paling laris di Venezuela, negara di Amerika Selatan.Rich tak lain adalah Nissan Frontier versi lawas. Hal ini dimungkinkan karena Dongfeng pemilik 14 persen saham PSA Peugeot-Citroen, yang sudah lama bermitra dengan Dongfeng di China.

Wuling Hongguang mobil terlaris di China
Merek lokal China Wuling menjual 1,4 juta unit kendaraan untuk pasar lokal. Sebanyak 44 persen saham Wuling dimiliki oleh General Motors, sisanya dimiliki merek lokal China SAIC Group.
Wuling Hongguang laku 750 ribu unit lebih di China pada 2014. Wuling juga rencananya akan beredar di Indonesia dalam waktu dekat.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar