Keunggulan mesin turbo diesel terbaru Toyota

Keunggulan mesin turbo diesel terbaru Toyota

Toyota City (Otolovers) - Toyota memperkenalkan mesin turbo diesel direct-injection yang makin hemat BBM, makin bertenaga, dan makin hening.

Mesin ini yang pertama mengadopsi Thermo Swing Wall Insulation Technology (TSWIN). Dengan teknologi TSWIN, mesin 2.8-liter 1GD-FTV menjadi yang paling efisien secara thermal dengan efisiensi maksimum 44%.

Mesin tersebut volumenya lebih kecil dari seri KD, namun torsi maksimum naik 25% dan torsi pada kecepatan rendah naik 11% sedangkan BBM makin hemat 15%.

Turbo diesel terbaru itu juga menjadi mesin pertama yang menggunakan sistem urea Selective Catalytic Reduction (SCR) 6 yang dapat menghilangkan 99% emisi NOx (nitrogen oxide) salah satu penyebab utama polusi udara.

Mesin baru 1GD-FTV mulai digunakan pada new Hilux yang diluncurkan di Thailand Mei 2015. Terdapat pula mesin baru 2GD-FTV 2.4-liter direct-injection turbo diesel.

Toyota mengklaim mesin terbaru itu juga hening dan dapat beroperasi di wilayah yang suhunya -40˚C maupun di ketinggian 4.500 meter di atas permukaan laut.

Ukuran katalis berkurang 30% dan sistem layout pada exhaust berkurang dari 18 menjadi tiga.

Teknologi Thermo Swing Wall Insulation Technology (TSWIN) dan penggunaan silica-reinforced porous anodized aluminum (SiRPA) di piston menjadikan cooling loss saat pembakaran berkurang 30%.

Mesin GD turbocharger ini secara perlahan akan menggantikan mesin KD.

Pada 2016, produksi mesin GD direncanakan mencapai hampir 700 ribu unit/tahun untuk 90 pasar dan terus meningkat hingga 150 pasar pada tahun 2020.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar