Porsche 911 GT3 R lebih seimbang di tikungan tajam

Porsche 911 GT3 R lebih seimbang di tikungan tajam

Porsche 911 GT3 R

Jakarta (Otolovers) - Berdasarkan 911 GT3 RS, Porsche telah mengembangkan mobil balap baru 911 GT3 R yang dimodifikasi secara khusus dengan bobot ringan, aerodinamis yang lebih baik, lebih efisien, meskipun mampu melaju lebih cepat dari versi sebelumnya.

Porsche 911 GT3 R memiliki fitur khas atap double-bubble, dan wheelbase yang telah diperpanjang 8,3cm dibanding seri sebelumnya, membuatnya diprediksi lebih seimbang meskipun di tikungan tajam.

Menggunakan solusi ringan sistematis untuk body, suku cadang tambahan, dan suspensi, para insinyur secara signifikan telah mengoptimalkan pusat posis grafitasi GT3 R dibanding pendahulunya.

Desain body yang ringan 911 GT3 R terbuat dari aluminium-konstruksi baja komposit yang telah terbukti menjadi dasar ideal untuk mobil balap.

Atap, penutup depan, dan fairing, lengkungan roda, pintu, samping, dan bagian belakang serta penutup belakang terbuat dari serat carbon-fibre composite material (CFRP). Semua jendela, dan untuk pertama kalinya bahkan kaca depan, terbuat dari polikarbonat.

Powering baru 911 GT3 R adalah empat liter flat-six unit yang sebagian besar identik dengan produksi mesin kinerja tinggi dari road-legal 911 GT3 RS.

Injeksi bensin, yang beroperasi pada tekanan hingga 200 bar, serta variabel teknologi valve timing memastikan penggunaan bahan bakar yang sangat efisien.

Tenaga dari mesin Porsche berurutan dari belakang ditransfer ke 310 mm roda belakang melalui gearbox enam kecepatan constant-mesh.

Seperti pada model GT road-going 911, pengemudi mengubah gears melalui paddles dengan posisi yang nyaman di steering wheel.

Aerodinamis dari 911 GT3 R juga mengikuti contoh dari mobil road. Lengkungan ventilasi udara roda berbeda pada fairing depan meningkatkan downforce pada roda depan. Berukuran dua meter dengan lebar 40 cm, sayap belakang menyempurnakan keseimbangan aerodinamis.

Dari 911 RSR sebagai yang terbesar, GT3 R telah diposisikan menggunakan konsep radiator terpusat. Dengan menghilangkan radiator sisi, posisi pusat gravitasi ditingkatkan, radiator lebih baik dengan pelindung dari ancaman kerusakan akibat tabrakan, dan ventilasi udara panas yang lebih baik.

Sistem pengereman 911 GT3 R juga telah dimodifikasi lebih lanjut, stiffness dan ABS kontrol yang lebih cepat cocok untuk jarak balap yang panjang.

Pada bagian depan axle, dengan break enam-piston alumunium monobloc digabung dengan ventilated dan groove steel brake disc dengan diameter 380mm, memastikan performa pengeriman yang luar biasa sesuai di roda belakang yang kaliper empat piston dan cakram berukuran 372 milimeter.

Pengembangan lainnya fokus pada keamanan. Kapasitas FT3 safety fuel cell pada 911 GT3 R telah ditingkatkan 12 liter menjadi 120 liter, dengan tangki berfitur fuel cut-off.

Pintu dan jendela samping bisa dicopot, dan escape hatch pada atap sudah diperbesar. Tingkat keamanan pengemudi juga sudah ditingkatkan dengan kursi kemudi (racing bucket) baru yang berpelindung lebih baik.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2015

Komentar