Chevrolet Colorado

Penjualan otomotif AS melemah April

Detroit (Otolovers) - Sebagian besar produsen mobil pada Selasa (1/4) melaporkan penjualan mobil baru pada April melemah karena permintaan konsumen yang menurun dan makin ketatnya persaingan menyusul lonjakan panjang pada industri ini.

Tingkat penjualan tahunan yang disesuaikan secara musiman untuk April mencapai 17,15 juta unit dibandingkan dengan 17,04 juta unit pada tahun lalu, dan ini sejalan dengan perkiraan analis yang mamatok angka 17,1 juta unit, menurut data Autodata sebagaimana dilaporkan Reuters.

Penjualan otomotif telah sedikit menaik tahun ini, dengan kinerja yang lemah pada bulan Februari diikuti oleh lonjakan penjualan untuk beberapa mobil pada bulan Maret.

Ford Motor Co (F.N) melaporkan penurunan penjualan 4,7 persen dibandingkan dengan April 2017, dengan penjualan ritel turun 2,6 persen. Produsen mobil nomor 2 AS mengatakan penjualan truk pickup F-Series terlaris naik 3,5 persen, tetapi penjualan mobil SUV dan penumpang turun 4,6 persen dan 15 persen.

Selama bertahun-tahun, konsumen AS telah beralih dari mobil penumpang tradisional demi truk pikap yang lebih besar dan lebih nyaman, SUV, dan crossover.

Ford pekan lalu menguraikan rencana untuk memangkas biaya dan meningkatkan margin laba yang mencakup penurunan model sedan tradisional di Amerika Utara.

Tetapi jumlah model baru yang berlomba-lomba untuk pangsa pasar SUV tumbuh lebih cepat daripada permintaan, mengancam keuntungan gemuk yang selama ini dinikmati produsen mobil.

"Itu adalah bagian pasar yang sangat kompetitif ... dengan begitu banyak entri baru," kata kepala penjualan Ford AS Mark LaNeve tentang segmen SUV pada conference call dengan para analis dan wartawan.

Tahun lalu, penjualan mobil AS turun 2 persen setelah mencapai rekor tinggi 17,55 juta unit pada 2016. Penjualan diperkirakan akan turun lebih lanjut pada 2018 karena suku bunga yang lebih tinggi.

Juga, jutaan kendaraan baru akan kembali ke pasar tahun ini setelah diluncurkan, menyediakan alternatif biaya lebih rendah bagi konsumen.

"Dengan pasar yang stabil, Anda akan mendapatkan sedikit gejolak," kata LaNeve dari Ford.

Penjualan Nissan Motor Co Ltd (7201.T) anjlok 28 persen di bulan April. Penjualan mobil penumpang Jepang turun hampir 35 persen dan penjualan SUV dan truk turun 23,1 persen. Bahkan penjualan crossover SUV populer Rogue turun hampir 15 persen.

"April adalah bulan yang sangat menantang dengan persaingan ketat di pasar AS," kata Nissan dalam sebuah pernyataan. Perusahaan mengatakan penjualan ritel menurun dan "kemunduran pada volume fleet berkontribusi pada kinerja yang lebih rendah."

Produsen mobil No. 1 AS General Motors Co (GM.N) mengumumkan bulan lalu bahwa mereka tidak akan lagi melaporkan penjualan bulanan dan sebagai gantinya hanya akan memposting penjualan setiap tiga bulan.

Perkiraan industri menunjukkan GM membukukan penjualan global dari datar hingga turun 8 persen untuk bulan April.

Fiat Chrysler Automobiles NV (FCA) (FCHA.MI) sendirian di antara penjual teratas di pasar AS, membukukan peningkatan penjualan keseluruhan sebesar 5 persen pada bulan April.

Namun penjualan ritel ke konsumen turun 1 persen sementara penjualan fleet marjin lebih rendah ke perusahaan penyewaan mobil dan lembaga pemerintah naik 5 persen.

Merek Jeep yang populer di FCA mencapai rekor untuk bulan April. Namun penjualan truk pickup Ram FCA turun 9 persen, meskipun penjualan ritel truk yang menguntungkan itu naik 3 persen.

FCA mengatakan pekan lalu ketika melaporkan hasil kuartal pertama bahwa mereka mengalami masalah meningkatkan produksi truk pikap RAM 1500 baru di pabrik AS Sterling Heights.

Toyota Motor Corp (7203.T) membukukan 4,7 persen penurunan dalam penjualan untuk bulan April, dengan peningkatan 1,5 persen pada penjualan SUV dan penjualan truk pickup diimbangi oleh penurunan 12,7 persen dalam penjualan mobil penumpang.

Penjualan Toyota Camry sedan yang baru saja diubah turun 5 persen.

Honda Motor Co Ltd (7267.T) mengatakan penjualan April turun 9,2 persen, dengan penjualan mobil turun 14,4 persen dan truk pickup dan SUV turun 3,9 persen.

Versi baru Honda dari sedan Accord andalannya jatuh 19,3 persen.

Hyundai Motor Co (005380.KS) mengatakan penjualannya turun 11 persen dibandingkan April 2017, demikian dilaporkan Reuters.

Editor: Ivan Setyanto

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018