Wajah 10 pionir wanita dalam industri otomotif

10 pionir wanita dalam industri otomotif

Jakarta (Otolovers) - Dunia otomotif memang masih didominasi oleh laki-laki, tapi bukan berarti hanya sedikit wanita yang berkerja dalam industri otomotif.

Faktanya, menurut data 2013 lalu di Amerika Serikat sekitar 25,4% pekerjaan dalam pabrik kendaraan bermotor dan perlengkapannya diisi oleh wanita.

Sebagai teknisi hingga pebalap, wanita-wanita itu setidaknya telah menginspirasi kaum mereka untuk mengikuti passion mereka dan terlibat dalam industri yang didominasi pria ini.

Berikut 10 pionir wanita dalam industri otomotif yang bisa menjadi inspirasi bagi wanita lain mengikuti jejaknya, sebagaimana dilaporkan wheel.ca:

1. Simona de Silvestro
[image]
Simona de Silvestro merupakan satu dari dua wanita yang telah berkecimpung dalam balap IndyCar 2010, selain Danica Patrick. Pebalap Swiss ini telah mencatatkan pencapaian yang tinggi pada 2008 ketika ia memenangi musim pembuka Atlantic Championships.
[paging]
2. Alicia Boler-Davis
[image]
Bermula dari teknisi hingga Senior Vice President untuk Global Quality and Customer Experience, Boler-Davis telah bergerak cepat ke posisi-posisi atas di General Motor. Bahkan sebelum menduduki posisinya sebagai Senior VP, Automotive News telah menempatkan dirinya dalam daftar 100 Pemimpin Wanita dalam industri otomotif di Amerika Utara,
[paging]
3. Elena Ford
[image]
Nama belakangnya memang sudah familier karena Elena Ford adalah seorang putri dari cucu Henry Ford, pendiri perusahaan mobil Ford. Bagaimanapun, Elena merupakan wanita Ford pertama yang memegang posisi signifikan--Wakil Presiden--di perusahaan Amerika itu.

Dipromosikan ke posisi barunya pada 2013, Elena menangani pengalaman konsumen, peningkatan kualitas kendaraan, dan mendirikan cabang-cabang untuk membantu Ford dalam memperluas operasinya secara global.
[paging]
4. Danica Patrick
[image]
Danica Patrick sangat dikenal sebagai pebalap wanita. Dia sungguh mencatatkan prestasi tinggi di balap IndyCar 2008 bersama Simona de Silvestro, dan berada dalam 10 besar setidaknya dalam lebih dari dua tahun.

Pada 2013 ia menjadi pebalap wanita pertama yang memenangi posisi start terdepan (pole position) dalam Daytona 500. Wanita sebelumnya yang pernah mencapai posisi itu adalah Janet Guthrie pada 1977.
[paging]
5. Chris Barman
[image]
Barman awalnya tidak berniat untuk bekerja di industri otomotif, tapi magang musim panas membawa wanita ini ke dalam karir yang sukses, karena sekarang dia adalah Kendaraan Vehicle Line Executive di Chrysler Group LLC. Dia menganggap prestasi terpenting dalam pekerjaannya adalan perannya dalam pengembangan Chrysler 300, Dodge Charger dan Dodge Magnum.
[paging]
6. Linda Hasenfratz
[image]
Hasenfratz mengambil alih peran CEO dari ayahnya yang juga pendiri Linamar Corporation, satu produsen suku cadang otomotif terbesar Kanada. Sejak menempati posisinya sebagai eksekutif pada 2002, ia telah melipat gandakan pendapatan untuk perusahaannya. Ia telah dinobatkan sebagai Enterpreneur of the Year pada 2014 dan sebagai wanita pertama yang menyandang gelar itu.
[paging]
7. Trudy Hardy
[image]
Pada 2013, Hardy diangkat sebagai Wakil Presiden Pemasaran untuk BMW Amerika Utara. Ia juga mendapatkan penghargaan 2014 Brand Genius Winner for Automotive dari AdWeek atas peran kepemimpinannya di balik kampanye pemasaran BMW pada Olimpiade Musim Dingin 2014 di Rusia.

BMW telah benar-benar merancang kereta luncur untuk tim AS, yang dibuat dengan serat karbon, bahan yang sama untuk kendaraan listrik BMW i-series.
[paging]
8. Trista Schieffer
[image]
Schieffer telah memimpin insiyur dalam pengembangan baterai untuk kendaraan listrik atau battery electric vehicles (BEVs) di General Motor. Mobil berbahan bakar bensin masih wajar, tapi industri otomotif dapat mengambil keuntungan dari pengembangan teknologi-teknologi yang memungkinkan untuk mengurangi emisi seperti halnya mobil listrik.

Shieffer, bersama Rebecca Roth dan Jessica Moreno, adalah tiga engineer wanita di GM yang memprakarsai cara-cara menuju industri otomotif yang lebih bersih dan pintar.
[paging]
9. Elizabeth Baron
[image]
Elizabeth Baron merupakan teknisi spesialis dalam realitas visual dan visualisasi di Ford Motor Co. Itu jabatan yang keren, tapi yang benar-benar penting adalah bahwa ia mengelola Immersive Virtual Environment Lab.

Divisi itu memungkinkan desainer dan insinyur untuk mengeksplorasi kendaraan bahkan sebelum kendaraan itu dibangun menggunakan teknologi virtual reality, di mana seseorang bisa berada dalam lingkungan foto-realistis. Itulah beberapa hal maju dan canggih dalam pekerjaan yang digeluti Elizabeth Baron.
[paging]
10. Mary Barra
[image]
Mary Barra telah memasuki tahun keduanya sebagai CEO General Motor di Amerika Serikat, dan ia adalah wanita pertama yang menjalankan perusahaan otomotif besar.

Seorang veteran di bidang otomotif, dia sebelumnya mengawasi desain, teknik dan kualitas untuk kendaraan GM di seluruh dunia. Barra diakui sebagai wanita yang kuat dalam industri otomotif dan dalam bisnis, karena dia disebut dalam daftar wanita berpengaruh di majalah Fortune dan Forbes.

Editor: Ivan Setyanto

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016