Softbank investasikan 2,25 miliar dolar di GM Cruise

Softbank investasikan 2,25 miliar dolar di GM Cruise

Ilustrasi: Mobil otonom GM.

Detroit (Otolovers) - General Motors (NYSE: GM) mengumumkan bahwa SoftBank Vision Fund akan menginvestasikan 2,25 miliar dolar (sekitar Rp31 triliun) di GM Cruise Holdings LLC (GM Cruise), guna memperkuat rencana perusahaan untuk mengkomersilkan teknologi autonomous vehicle (AV) dalam skala besar.

GM juga akan menginvestasikan 1,1 miliar dolar (Rp15,2 triliun) pada GM Cruise setelah transaksi investasi Softbank itu selesai.

"Tim Cruise dan GM kami bersama-sama telah membuat kemajuan luar biasa selama dua tahun terakhir," kata Chairman dan CEO GM Mary Barra. “Bekerja sama dengan SoftBank menambahkan mitra tambahan yang kuat saat kami mengejar visi kami tentang nol crash, nol emisi, dan zero congestion.”

"GM telah membuat kemajuan signifikan dalam mewujudkan impian mengemudi otomatis sepenuhnya untuk secara dramatis mengurangi korban jiwa, emisi, dan kemacetan," kata Michael Ronen, managing partner, SoftBank Investment Advisers.

“Pendekatan GM Cruise dari tumpukan perangkat keras dan perangkat lunak yang terintegrasi sepenuhnya memberinya keunggulan kompetitif yang unik. Kami sangat terkesan dengan kemajuan yang dibuat oleh tim Cruise dan GM, dan sangat senang untuk membantu mereka memimpin transformasi bersejarah industri otomotif. ”

"Kami senang bisa bergabung dengan pemimpin teknologi yang berbagi keyakinan kami bahwa teknologi AV akan mengubah dunia," kata Presiden GM Dan Ammann. "Kami berharap dapat bermitra dengan SoftBank saat kami berupaya menerapkan teknologi ini dengan aman dan dalam skala besar."

Investasi SoftBank Vision Fund akan dilakukan dalam dua tahap. Pada penutupan transaksi, Vision Fund akan menginvestasikan tahap pertama sebesar 900 juta dolar. Pada saat Cruise AV siap untuk penyebaran komersial, Vision Fund akan menyelesaikan tahap kedua sebesar 1,35 miliar dolar, tergantung pada persetujuan regulator.

Bersama-sama, ini akan membuat SoftBank Vision Fund memiliki saham ekuitas 19,6 persen di GM Cruise dan akan memberi GM fleksibilitas yang meningkat sehubungan dengan alokasi modal.

Investasi GM dan SoftBank Vision Fund diharapkan dapat menyediakan modal yang diperlukan untuk mencapai komersialisasi pada skala yang dimulai pada tahun 2019.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018

Komentar