Mengintip bus double-decker mewah Daimler

Mengintip bus double-decker mewah Daimler

Setra S 531 DT

Jakarta (Otolovers) - Daimler AG, kelompok yang menaungi beberapa brand mewah dan kendaraan komersil, belum lama ini meluncurkan bus double-decker mewah melalui merek Setra.

Berjuluk Setra S 531 DT, bus dua lantai ini mengusung kemewahan tinggi, bukan saja pada desain eksterior dan interior, tapi juga tingkat kenyamanan, fitur, keamanan, dan teknologinya.

Bus ini benar-benar dirancang dengan aerodinamika optimal baik di depan maupun belakang. Di bagian depan, kaca dengan kelengkungan yang menonjol beserta garis-garis tajam hingga tepi untuk aliran udara di sekitar kendaraan.
Mengintip bus double-decker mewah Daimler

Tampak belakang


Para insinyur Daimler merancangnya dengan memperhatikan detil terkecil, dimana wiper kaca depan dek atas dibuat vertikal mengadopsi motorsport, serta memberikan pandangan luas bagi penumpangnya.

Bentuk aerodinamika yang optimal ini lah membuat Sentra S531 DT menghasilkan efisiensi bahan bakar 10 persen lebih baik dibanding model pendahulunya.

Dirancang untuk tur dalam kota maupun perjalanan jauh, Sentra S531 DT memiliki fleksibilitas di dek bawah dengan kursi khas brand ini.
Mengintip bus double-decker mewah Daimler

Ruang kemudi


Berkat konstruksi yang benar-benar baru, platform di lantai dasar di sebelah kanan bisa dihilangkan jika pelanggan menginginkannya.

Hal ini menghasilkan pilihan baru: kursi bisa diatur secara klasik (paralel) atau saling berhadapan untuk tujuan tur.

Keanekaragaman yang tersedia juga terwujud di kokpit: pelanggan dapat memilih antara kokpit yang elegan dari Setra ComfortClass 500 dan kokpit mewah dari TopClass 500.

Dengan interior cerah dan desain modern, Anda akan dibuat seperti berada di ruang yang luas. Sementara tangga yang menghubungkan dek bawah dan atas didesain begitu menawan.
Mengintip bus double-decker mewah Daimler

Kursi penupang


Dengan pegangan tangan yang menyambung dari bawah ke atas membuat penumpang nyaman saat naik turun tangga.

Kamar kecil dengan desain yang sama sekali baru juga patut dipuji. Instalasinya diatur secara diagonal, memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia.

Bagian atas berwarna putih yang berkilauan dari perabotan dan pencahayaan LED yang menyenangkan mengingatkan kita pada kamar mandi modern.
Mengintip bus double-decker mewah Daimler

Kursi penumpang dengan meja


Bus yang panjangnya 14 meter, lebar 2,560 meter, serta tinggi 4 meter ini semuanya pencahayaannya menggunakan lampu LED yang diklaim berumur panjang.

Kapasitas tangkinya mampu memuat bahan bakar hingga 540 liter, dengan standar emisi sudah Euro VI, sedangkan kapasitas bagasinya 8,4 meter kubik.

Setra S531 DT dibekali mesin OM 471, R6, 375 kW atau bertenaga maksimum 510 tenaga kuda berkat mesin berkapasitas 12,8 liter, serta torsi maksimum 2500 Nm pada 1.100 rpm.
Mengintip bus double-decker mewah Daimler

Tangga


Menunjang performanya, bus ini menggunakan transmisi 8-speed MB GO 250-8 (PowerShift), dan steering ZF Servocom 8098.

Meskipun kendaraan komersial, Setra S531 DT memiliki standar keamanan yang tinggi, di antaranya Electronic Stability Program (ESP), termasuk acceleration skid control (ASR), Brake Assist (BAS), Line Assist (SPA), dan adaptive cruise control (ART) dengan Stop&Go.

Lalu, Active Brake Assist 4 (ABA 4), Predictive Powertrain Control (PPC), Attention Assist (AtAs), start-off assist, frequent-stop brake dengan starting-off lock, stabiliser bar di axle depan dan belakang, serta electronic level control (ENR).
Mengintip bus double-decker mewah Daimler

Deck atas bagian depan


Dengan segudang fitur keamanan berteknologi tinggi itu, jelas bus ini dapat mendeteksi pejalan kaki maupun kendaraan di depannya, dan pengereman otomatis jika terjadi potensi tabrakan.

Setra S531 DT memiliki kapasitas penumpang 78 orang, dengan sandaran belakang yang berbahan kualitas tinggi, dua-titik seatbelt pada semua kursi penumpang dan tiga-points pada kursi tur guide dan pengemudi.

Pengatur kemiringan kursi di samping tempat duduk, ada footrest (sandaran kaki) dan folding tables untuk kenyamanan penumpang dalam perjalanan jauh.

Fitur-fitur lainnya meliputi, roda kemudi berbalut kulit, Coach Multimedia System (CMS) dengan DVD player, satu soket 230 V pada sisi setiap dua kursi, ventilasi udara dan lampu baca, lalu LCD video monitor 19 inci.

Selain itu, ada fire extinguishing system untuk pencegah kebakaran, dengan detektor, LED low-beam headlamps, high presure headlamp washing system (semprotran pembesih lampu), rain/light sensor, LED daytime running lamps, ambient lighting for reversing, revering camera teritegrasi sistem washing, microphone untuk tour guide, dan hand-held microphone with switch and spiral cable.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar