Mantan chairman VW akan jual sahamnya di Porsche

Mantan chairman VW akan jual sahamnya di Porsche

Ferdinand Piech

Jakarta (Otolovers) - Mantan chairman Volkswagen Ferdinand Piech sedang dalam pembicaraan untuk menjual sahamnya di Porsche SE dalam sebuah kesepakatan yang akan menggoyang struktur kepemilikan perusahaan yang mengendalikan VW itu.

Porsche SE merupakan kelompok dimana miliarder keluarga Porsche dan Piech menguasai 52,2 persen dari hak suara di Volkswagen, brand yang masih berurusan dengan dampak skandal emisi diesel, menurut Reuters dalam laporannya.

Keluarga itu dalam negosiasi untuk membeli sebagian besar dari saham Ferdinand Piech, 14,7 persen, di Porsche SE, Porsche SE mengatakan dalam sebuah pernyataan, Jumat, membenarkan laporan majalah mingguan Der Spiegel.

Saham milik Piech itu sekarang bernilai sekitar 1 miliar euro ($1,1 miliar) berdasarkan harga pasar saat ini.

Jika Piech, yang akan berusia 80 tahun pada bulan depan, jadi menjual sahamnya, itu akan menandai akhir sebuah era untuk Volkswagen yang didominasinya selama beberapa dekade.

Seorang keturunan industri dan insinyur, ia telah mentransformasikan VW dari manufaktur volume regional manjadi kekuatan global, yang memiliki merek Bentley, Bugatti, Skoda, Lamborghini, Porsche, Seat, dan Audi.

Piech yang juga cucu dari Ferdinand Porsche, pendiri pabrik mobil sport yang mengembangkan Beetle di bawah kontrak 1934 dengan Nazi, ke VW sebagai CEO dari tahun 1993, dan kemudian menjadi chairman.

Tapi karena mengundurkan diri sebagai chairman pada bulan April 2015 menyusul pertikaian dengan mantan CEO Martin Winterkorn, ia telah menjadi “pertapa” dan tidak mau membela kerajaan ia ikut membangunnya.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2017

Komentar