Toyota mulai produksi massal Sienta di Karawang

Toyota mulai produksi massal Sienta di Karawang

Produksi Toyota Sienta di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat, yang dimulai Senin (25/7/2016). (Otolovers/TMMIN)

Jakarta (Otolovers) - Pabrik mobil Toyota di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), telah memulai secara resmi produksi massal MPV kecil Sienta di Pabrik 2 di Karawang, Jawa Barat, pada Senin (25/7).

Untuk menyiapkan pabrik yang membuat khusus Sienta, Toyota telah menginvestasikan sekitar Rp2,5 triliun atau sekira 186 juta dolar AS, dengan sebagian output-nya bakal diekspor, sementara penjualan model ini di Indonesia masih sangat minim.

Sienta yang dikenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 April lalu itu akan menjadi model ke-6 Toyota yang diproduksi di pabrik lokal oleh TMMIN, kata menurut TMMIN dalam pernyataannya.

Beberapa model lain yang sudah diproduksi di Indonesia sebelumnya meliputi Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, Vios, dan Yaris, dengan dua mesin bensin TR-K and R-NR.

"Kami sangat bangga untuk bisa memproduksi banyak model di sini dalam fasilitas manufaktur yang terintegrasi," kata Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami.

Nonami mengatakan, Toyota akan berupaya terus meningkatkan jumlah model yang diproduksi secara lokal untuk lebih berkontribusi bagi pengembangan industri otomotif Indonesia dan ekonomi melalui alih pengetahuan produksi, pengembangan sumber daya manusia, dan investasi baru termasuk pada pemasok lokal.

Sejak November 2015, dengan produksi All New Kijang Innova, kemudian diikuti All New Fortuner, lalu mesin bensin aluminium R-NR, dan sekarang Sienta, telah meningkatkan keterlibatan pemasok lokal dari 107 perusahaan menjadi 139 perusahaan.

Tenaga kerja di TMMIN juga naik 400 orang dan total investasi meningkat sekitar Rp9,7 triliun atau setara sekitar 722 juta dolar AS.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Gallery Terkait

Komentar