Menang di Budapest, Hamilton pimpin klasemen Formula 1

Menang di Budapest, Hamilton pimpin klasemen Formula 1

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton

Budapest (Otolovers) - Lewis Hamilton memimpin klasemen Formula 1 untuk pertama kalinya tahun ini setelah memenangi balap di Budapest, Minggu.

Hamilton mengambil alih puncak klasemen dengan keunggulan enam poin dari rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg, yang di seri Hongaria finish pada urutan kedua, diikuti Daniel Ricciardo yang bergabung dengan mereka di podium.

Hamilton mengambil posisi terdepan dari Rosberg sejak awal, dan hanya sempat tersusul ketika ia masuk ke pit stop.

Pebalap Red Bull Ricciardo mampu mendekat menguntit duo Mercedes yang di depan, tapi tantangan mereka memudar dan Ricciardo finish dengan 25 detik di belakang Hamilton dan Rosberg, sedangkan pebalap Ferrari Sebastian Vettel menyusul di belakangnya.

Duel Red Bull-Ferrari terjadi antara Max Verstappen dengan Kimi Raikkonen, dalam perebutan tempat kelimat yang akhirnya dimenangi Verstappen dan Raikkonen di posisi keenam.

Sementara Fernando Alonso layak merebut tempat ketujuh untuk McLaren. Rekan setimnya, Jenson Button, satu-satunya pebalap yang menyerah tidak melanjutkan balapan.

Pebalap Toro Rosso Carlos Sainz, Valtteri Bottas dari Williams dan pebalap Force India Nico Hulkenberg melengkapi sepuluh besar untuk mengambil poin yang tersisa.

Kemenangan Hongaria membawa Hamilton memiliki 192 poin di puncak klasemen, diikuti Rosberg dengan 186, Ricciardo bergerak ke posisi ketiga dengan 115 tepat di atas Raikkonen yang mengantongi 114. Vettel kelima dengan 110, dan Verstappen di bawahnya dengan 100.

Satu-satunya pebalap Indonesia di F1 Rio Haryanto bersama tim Manor menyelesaikan balapan di Hongaria berada di posisi ke-21, setelah sempat di posisi 18 sebelum ia masuk pit stop, demikian mengutip formula1.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar