Lorenzo menangi MotoGP Italia ketika Rossi kecewa tak lanjutkan balapan

Lorenzo menangi MotoGP Italia ketika Rossi kecewa tak lanjutkan balapan

Jorge Lorenzo

Jakarta (Otolovers) - Jorge Lorenzo sukses merebut podium pertama balap MogoGP seri Mugello, Italia, pada Minggu setelah  memenangi duel dengan Valentino Rossi dan kemudian dengan Marc Marquez dari Repsol Honda.

Dengan kemenangan itu, Lorenzo masih memimpin klasemen dengan mengumpulkan poin 115, sementara pebalap tuan rumah rekan setimnya Valentino Rossi harus kecewa tanpa poin setelah motornya mengalami masalah teknis yang memaksanya tidak bisa melanjutkan balapan.

Rossi yang meraih posisi pole di Mugello dalam kualifikasi kemarin (Sabtu, 21/5), pertama sejak 2008 ketika ia akhirnya memenangi balapan.

Lebih dari 100.000 pendukungnya yang berbaris di podium siap menyaksikan The Doctor mengulang sukses 2008, tapi sungguh sial saat ia sudah dalam posisi terdepan dan sempat berduel dengan Lorenzo, sepeda motornya bermasalah.

Valentino Rossi memang gagal mencetak poin, namun para pendukungnya di Mugello disuguhi duel hidup mati antara Lorenzo dan Marquez pada lap-lap akhir.

Setelah Rossi keluar, Lorenzo terus ditempel ketat pebalap Honda Marc Marquez. Beberapa kali keduanya saling susul, bahkan Marquez beberapa kali terlihat sangat agresif dalam aksinya.

Marquez memang berhasil menyusul Lorenzo di tikungan pada akhir lap pamungkas, namun Lorenzo langsung menancap gas motornya untuk menyusul Marquez beberapa detik sebelum garis finish dan ia berhasil.

Lorenzo finish tercepat dengan catatan waktu 41 menit 36,535 detik, nyaris berbarengan dengan Marquez yang 0,019 detik di belakangnya.

Keluarnya Rossi juga menguntungkan, Andrea Iannone dari Ducati yang akhirnya merebut podium ketiga, lalu diikuti rekan Marquez di Honda, Dani Pedrosa, yang merebut posisi keempat, dan Andrea Dovizioso menutup lima terdepan.

Pebalap Suzuku Ecstar yang tampil menawan belakangan ini, sempat berada di posisi ketiga setelah Rossi harus berhenti, namun ia akhirnya hanya finish di tempat keenam.

Lorenzo meninggalkan Mugello dengan keunggulan sepuluh poin atas Marc Marquez yang mengumpulkan 105 dalam klasemen, sementara Rossi masih di tempat ketiga dengan 78, tertinggal 37 poin dengan rekan setimnya.

Selama balapan Andrea Iannone sempat menyentuh kecepatan 354.9km /jam, membuat rekor kecepatan tertinggi baru di MotoGP ™ World Championship, demikian mengutip motogp.com.

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar