Mugello gemuruh, Rossi raih posisi pole MotoGP Italia

Mugello gemuruh, Rossi raih posisi pole MotoGP Italia

Valentino Rossi

Jakarta (Otolovers) - Bukit Mugello Italia gemuruh oleh riuh tepuk tangan menggemar MotoGP saat pebalap tuan rumah Valentino Rossi merebut posisi pole (start terdepan) dalam kualifikasi MotoGP Sabtu mengalahkan Vinales dari Suzuki dan Iannone jagoan Ducati.

Mencermati jejak sebelumnya, Rossi besok berpeluang besar meraih kemenangan, mengingat pada delapan balapan terakhir semua peraih posisi start terdepan lah juaranya.

Seperti sebelumnya, Rossi membuat kejutan justru di akhir kualifikasi. Sementara pada Latihan Bebas (Free Practice) 3 dan 4, lap tercepat masih didominasi pebalap Ducati Andrea Iannone, sedangkan Rossi tetap di belakang rekan setimnya di Movistar Yamaha Jorge Lorenzo.

Lorenzo kemudian langsung mencetak waktu 1 menit 46 detik, demikian juga Marc Marquez dari Repsol Honda mendekat segera dengan 1 menit 47 detik. Namun, Iannone kemudian mengunci Lorenzo dengan memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 46,607 detik.

Entah dari mana ia mendapatkan kekuatan, Rossi kemudian menghasilkan 1 menit 46,504 detik dan pindah ke puncak daftar tercepat. Meski masih memanas, baik Marquez maupun Vinales tidak mampu mengungguli “The Doctor”.

Untuk pertama kalinya sejak 2008, Rossi akan berbaris di posisi pole di Mugello. 2008 adalah terakhir kali ia menang di trek Italia.

Rossi dan Maverick Vinales benar-benar dua yang bersinar, rekan setim masa depan ini masing-masing bergiliran memimpin dan mengikuti, untuk mengajar dan belajar, tulis motogp.com.

Viñales terus naik dalam gelombang kepercayaan diri setelah meraih podium MotoGP pertamanya dan mengamankan masa depannya untuk dua tahun kedepan bersama Suzuki. Pada balapan besok, Vinales akan start di posisi kedua di belakang Rossi mencatatkan waktu 1 menit 46,598 detik.

Favorit sebelum sesi kualifikasi Andrea Iannone tidak cukup potensi untuk mempertahankan dominasinya, dan ia akan start di posisi ketiga, kemudian diikuti Marc Marquez, lalu Lorenzo melengkapi lima besar.

Balapan MotoGP Italia akan dimulai pukul 14.00 waktu setempat hari Minggu (22/05).

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar