Mengenal mesin Toyota Sienta

Mengenal mesin Toyota Sienta

Toyota All New Sienta

Jakarta (Otolovers) - Toyota Astra Motor (TAM) belum lama lalu meluncurkan MPV Sienta, model yang telah beredar lama di Jepang, namun baru di Indonesia dengan mengusung mesin berbeda pula.

[Lihat Gallery: Toyota All New Sienta]

All New Sienta yang bakal diproduksi di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat, itu bermesin 2NR-FE, sementara yang di Jepang tersedia dalam dua pilihan mesin 2NR-FKE dan 1NZ-FE.

Mesin model NR bukan lah hal baru di kendaraan Toyota, dikenal sebagai seri mesin ber-cc kecil yang dikembangkan untuk model-model Toyota.

Mesin pertama seri ini yakni 1NR-FE sudah dikenalkan Toyota pada 2008 untuk pasar Eropa melalui Yaris XP9F, dan variannya termasuk 1NR-FKE yang dikenalkan pada kuartal kedua 2014 lalu.

Mengenal mesin Toyota Sienta

1NR-FE



Elemen kunci dari 1NR-FE adalah desain pistonnya yang membuat mesin berkapasitas 1.3-liter ini lebih efisien dan dikembangkan dengan fitur idling stop yang membuatnya lebih efisien lagi sekitar 15 persen.

Varian lain dari mesin NR generasi awal itu adalah 1NR-VE (1..3 EFI DVVT), yang digunakan pada Toyota Avanza 650, sementara Daihatsu mengembangkan sendiri untuk model-modelnya, yang antara lain dipasang pada Xenia.

Dalam pengembangan selanjutnya, lahir lah 2NR-FE dengan kapasitas 1.496cc, multi-point injection tapi tanpa variable valve timing (VVT) dan digunakan untuk beberapa model Toyota yang dipasarkan di India.

Mesin ini antara lain digunakan pada Toyota Etios dan Etios Cross, dan merupakan mesin Toyota pertama yang dikembangkan untuk lebih delapan tahun tanpa VVT-i. Tentu itu untuk mengurangi biaya untuk mobil berharga murah Toyota Etios.

Sekarang, Sienta menggunakan mesin sama 2NR-FE 1.496 (1.5-liter) namun sudah menggunakan dual VVT-i, mesin yang juga digunakan pada facelift Avanza berpenggerak roda belakang.

Mengenal mesin Toyota Sienta

2NR-FE Dual VVT-i, mesin All New Sienta



All New Sienta, yang baru saja dirilis di Indonesia di ajang IIMS 2016 dan berpenggerak roda depan, menggunakan mesin serupa tapi bukan hanya tersedia dalam transmisi CVT automatic, melainkan juga manual 6-percepatan yang mungkin tidak akan tersedia di pasar lain.

Berikut spesifikasi teknis mesin 2NR-FE sebelum mungkin ada beberapa pengembangan untuk yang digunakan pada All New Sienta:

* Displacement: 1496 cc
* Bore x Stroke: 72.5 mm × 90.6 mm (2.85 in × 3.57 in)
* Max. Output:
   66 kW (90 PS) at 5600 rpm (w/o Dual VVT-i)
   76 kW (104 PS) at 6000 rpm (with Dual VVT-i)
* Max. Torque:
   132 N·m (97 lbf·ft) at 3000 rpm (w/o Dual VVT-i)
   139 N·m (103 lbf·ft) at 4200 rpm (with Dual VVT-i)
* Compression Ratio: 10.5:1
* Idling speed: 500 rpm
* Redline: 5,850 rpm.

Sumber: dirangkum dari berbagai sumber

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Gallery Terkait

Komentar