WEpod, mobil tanpa sopir untuk angkutan umum di Belanda

WEpod, mobil tanpa sopir untuk angkutan umum di Belanda

WEpod, kendaraan listrik otomatis yang akan dioperasikan sebagai angkutan umum di Provinsi Gelderland, Belanda pada Mei 2016.

Jakarta (Otolovers) - Sebuah sistem kendaraan listrik otomatis, yang dinamai WEpod, akan menjadi mobil shuttle tanpa sopir pertama yang beroperasi mengangkut manusia di jalan-jalan umum di Belanda.

Mobil pintar yang mengemudi sendiri, bahkan tanpa dilengkapi roda kemudi itu, akan segera mendapatkan plat nomor polisi layaknya angkutan umum dan beroperasi di Kota Wageningen dan Ede di provinsi tengah Belanda, Gelderland.

NVIDIA, produsen chip dan teknologi imaging yang berada di balik kecanggihan sistem komputasi mobil listrik otomatis ini mengatakan, untuk memanggil WEpod, penumpang cukup hanya menekan pada aplikasi mobile di smartphone mereka.

Tidak seperti transportasi otomatis lainnya, kendaraan enam-penumpang ini tidak melaju di jalur khusus--tapi di jalan-jalan umum kota--tanpa dipandu dengan rel, magnet atau kawat atau kabel listrik.

Mobil yang diotaki oleh chip NVIDIA itu dikembangkan oleh tim WEpod di Delft University of Technology, dan dijadwalkan beroperasi untuk ujicoba sebagai angkutan umum di Gelderland mulai Mei mendatang.

Teknologi Deep Learning

Cerita di balik mobil swakemudi canggih ini, tidak lain adalah teknologi jenis baru yang disebut Deep Learning. Itu mengenai teknologi yang memungkinkan komputer mempelajari sendiri mengenai dunia melalui proses pelatihan yang telah diadopsi secara luas untuk sistem berbasis-visi.

Dalam pembelajaran mandiri itu, komputer mendapatkan kemampuan untuk melampaui kemampuan dalam sejumlah tugas.
WEpod, mobil tanpa sopir untuk angkutan umum di Belanda

Desain utuh WEpod.


Dan, itu penting untuk kendaraan otonom, dimana itu tidak hanya memungkinkan untuk kode-tangan untuk setiap kemungkinan situasi yang dihadapi sebuah mobil swakemudi. Terutama berkaitan dengan menafsirkan obyek di sekitarnya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila tim WEpod di Universitas Teknologi Delft--bersama dengan produsen otomotif seperti Audi, BMW, Ford, dan Mercedes--berpaling ke Deep Learning pada GPU NVIDIA.

Data perjalanan

Dengan Deep Learning, hasilnya adalah sebuah kendaraan yang mampu membangun gambaran lengkap mengenai lingkungan sekitarnya karena perjalanannya melalui lalu lintas umum.

Setiap WEpod akan menilai lingkungannya dan pilihan-pilihan pada tingkat tinggi, sehingga sistem dinamisnya mampu menghadapi situasi dunia nyata; lalu lintas cepat, andal, dan aman.

GPU merupakan kunci dalam memenuhi tantangan-tantangan itu. Tidak seperti CPU, yang bekerja melalui penanganan tugas-tugas komputasi pada satu waktu, GPU ini dibangun untuk bekerja pada ribuan tugas komputasi sekaligus.

Arsitektur paralel mereka membuat GPU ideal untuk berbagai jenis tugas pembelajaran mendalam.
WEpod, mobil tanpa sopir untuk angkutan umum di Belanda

Arsitektur paralel yang membuat GPU NVIDIA ideal untuk banyak tugas-tugas pembelajaran mendalam (Deep Learning).


Arsitektur paralel--ditambah dengan perangkat lunak NVIDIA--membuat GPU ideal untuk berbagai tugas pembelajaran mendalam. Itulah kunci untuk mempercepat latihan dan penyebaran kendaraan otomatis WEpod tersebut.

Hasil dari semua itu adalah sebuah konsep transportasi publik yang menawarkan kenyamanan kendaraan pribadi, tapi tanpa adanya kepemilikan mobil.

Meskipun kendaraan itu beroperasi pada rute yang ditetapkan untuk saat ini, tim WEpod berharap kota-kota lain akan mengadopsi teknologi WEpod setelah ujicoba selesai.

Jadi inilah satu pilihan lagi konsep transportasi modern masa depan yang dibangun dari satu kemajuan teknologi, merealisasikan visi-visi "liar" yang sebelumnya hanya ada di film-flim fiksi, ke dalam kehidupan dan dunia nyata!

Sumber: NVIDIA

COPYRIGHT © Otolovers.com 2016

Komentar